Kompas TV regional papua maluku

Yayasan Kasih Agape Malaimsimsa Bangun Selter Rehabilitasi Mental Generasi Muda

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 16:38 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Peduli akan nasib generasi penerus bangsa yang mengalami gangguan jiwa, yayasan Kasih Agape Malaimsimsa Sorong mendirikan tempat untuk membantu rehabilitasi mental. Tempat ini perdana berada di Provinsi Papua Barat Daya.

Terletak di bagian Utara Kota Sorong, Papua Barat Daya, terdapat tempat yang didirikan oleh yayasan Kasih Agape Malaimsimsa Sorong, untuk rehabilitasi mental orang dalam gangguan jiwa, pengguna narkoba dan rehabilitasi mental korban kekerasan dalam rumah tangga.

Tempat ini dibangun secara swadaya oleh salah satu perempuan asli Papua, yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat yang mengalami gangguan mental. Karena dibangun dengan swadaya tempat ini baru bisa digunakan di akhir tahun 2022 hingga saat ini.

Pimpinan Yayasan Kasih Agape , Orpa Osok mengatakan, sejak dibuka sampai saat ini sudah kurang lebih 10 pasien yang dirawat hanyalah wanita, karena keterbatasan tempat untuk perawatan pasien pria. Saat ini perawatan dilakukan dengan menggunakan fasilitas seadanya dan juga melibatkan petugas dari puskesmas setempat untuk membantu pengobatan pasien.

Tempat ini sempat dikunjungi pemerintah daerah setempat, dimana pemerintah memberikan apresiasi atas niat baik Yayasan Kasih Agape yang telah mendirikan tempat rehabilitasi mental, yang merupakan satu-satunya di Provinsi Papua Barat Daya.

Mengingat jumlah pasien orang dalam gangguan jiwa cukup banyak di Papua Barat Daya, pemerintah diharapkan berkolaborasi dengan yayasan untuk melengkapi sejumlah fasilitas demi menunjang perawatan para pasien.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x