Kompas TV regional berita daerah

Mengolah Sampah Menjadi Barang Bernilai Ekonomis

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 15:05 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KOTA GORONTALO, KOMPAS.TV - Memiliki Prinsip lebih baik hidup dari sampah dari pada hidup hanya menjadi sampah, memotivasi Muhamad Arbhy merintis usaha daur ulang sampah menjadi barang bermanfaat.

Tak pernah terpikirkan sebelumnya, usaha daur ulang sampah yang digeluti Arbhy bisa memberikan manfaat bagi keluarga bahkan orang lain.

Bermula dari kehidupannya sebagai pemulung, akhirnya Arbhy berinovasi menjadikan sampah menjadi barang-barang berguna dan menghasilkan uang.

Merintis usaha dari tahun 2011, kini usaha daur ulang sampah milik Arbhy bisa menghasilkan 50 hingga 60 juta per bulan, bahkan bisa membuka lapangan kerja bagi warga sekitar.

Berbagai jenis sampah kelola Arbhy menjadi barang bermanfaat, seperti kursi, sofa, meja serta asesoris rumah yang tak kalah menarik dari buatan pabrik.

Bentuk barang dan asesoris dibentuk tergantung dari sampah yang diperoleh, ada kayu bekas, limbah pertanian, limbah konveksi dan sebagainya.

Baca Juga: Polda Gorontalo dan TNI Gelar Bakti Sosial Kepada Masyarakat Sekitar Lokasi Pertambangan Pohuwato

Barang dan asesoris yang telah jadi, dijual dengan harga bervariasi mulai dari 10 ribu rupiah hingga 2,5 juta rupiah.

Keberhasilan usaha yang digelutinya  membuat Arbhy banyak diundang sebagai pembicara sekaligus menjadi traner dalam kegiatan kegiatan UMKM di Kota Gorontalo.

Arbhy menyebut, sampah yang selama ini dianggap menjijikan, harus menjadi kekuatan ekonomi yang memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

 

#sampah

#DaurulangSampah

#Kerajinan

#Gorontalo

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x