Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Peternak Sapi TPA Jatibarang Tolak Direlokasi

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 16:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Peternak di wilayah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang, Dusun Bambankerep, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, menolak untuk direlokasi ke daerah Gunung Pati. Alasannya dikarenakan lokasi yang terlalu jauh dari tempat mereka tinggal. Para peternak juga khawatir, jika kandang mereka direlokasi maka akan memicu konflik baru dengan warga di daerah yang baru.

Salah satu peternak sapi, Marianto yang sudah beternak sapi di wilayah ini sejak tahun 1995, menuntut jika kandang sapi di relokasi maka wilayah TPA juga harus ikut direlokasi.

Marianto mengaku, dinas kesehatan hewan juga tidak mengecek kesehatan sapi mereka secara berkala. Sebelumnya, peternak juga pernah diajak berdiskusi untuk rencana relokasi kandang ternak sapi dengan Pemerintah Kota Semarang sebanyak dua kali dari beberapa tahun yang lalu (2018), namun sampai saat ini belum ada titik temu. Akan tetapi, setelah kejadian kebakaran di TPA Jatibarang bulan September kemarin, wacana relokasi muncul kembali.

Tanah tempat mendirikan kandang sapi ini juga merupakan tanah milik wilayah TPA Jatibarang yang diberi izin oleh Pemkot Semarang untuk beternak sapi, dan pada saat itu juga sekaligus diberikan bibit sapi kepada warga Bambankerep.

#tpajatibarang #ternaksapi #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x