Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa UM Ciptakan Obat Semprot Scabies Pada Kucing

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 21:54 WIB
Penulis : KompasTV Jember

KOTA MALANG, KOMPAS.TV - 5 orang mahasiswa Universitas Negeri Malang Jawa Timur berinovasi membuat obat semprot untuk penyakit scabies pada kucing. Obat semprot itu diklaim lebih aman karena berasal dari ekstrak kapulaga dan bunga kenanga.

Skabies atau penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu kerap kali menyerang kucing kesayangan. Berawal dari sinilah, 5 orang mahasiswa Universitas Negeri Malang berinovasi membuat obat yang bisa mengobati penyakit kulit pada kucing. Setelah 1 bulan melakukan riset, mereka pun berhasil membuat obat scabies.

Kapulaga dan bunga kenanga adalah 2 bahan utama obat semprot ini. Kapulaga dan kenanga yang kering dihancurkan untuk kemudian diambil ekstraknya. Setelah melalui serangkaian proses, olahan ekstrak menghasilkan cairan herbal yang bisa mengobati scabies. Cairan herbal inilah yang disemprotkan pada area yang terkena scabies. Cairan herbal ini bisa mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Mahasiswa jalin kerjasama dengan petani kapulaga dan bunga kenanga di Kota Batu dan Malang untuk memasok bahan utama.

Baca Juga: Sate Lalat Pasir Putih Situbondo, Dibumbui Kacang Kecap Khas Madura

Obat ini sudah dipasarkan di situs jual beli dan hasilnya cukup diminati. Banyak warganet yang memberikan testimoni positif.

 

#mahasiswa #um #scabies



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x