Kompas TV regional berita daerah

Mitoni Massal, Upaya Lestarikan Budaya Jawa untuk Ibu Hamil

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 20:17 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Tradisi Mitoni merupakan budaya masyarakat Jawa yang sudah ada turun temurun sejak dahulu kala. Tradisi ini diperuntukkan bagi wanita hamil dengan usia kandungan tujuh bulan.

 

Mitoni diisi dengan acara siraman mandi kembang, membagikan rujak buah secara gratis, dan makan makanan bergizi.

 

Sesuai dengan namanya, Mitoni berasal dari kata “tujuh”. Di usia ini diadakan siraman dan doa bersama agar ibu hamil dan bayi dalam kandungan senantiasa sehat. Manfaat lain dari tradisi Mitoni adalah sebagai sarana menjalin silaturahmi para warga yang tengah berkumpul.

 

Di tengah perkumpulan ini pula diberikan tausiyah oleh ulama. Di Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, acara Mitoni massal digelar oleh Lesbumi PCNU. Acara Mitoni massal merupakan upaya melestarikan budaya yang kini hampir punah dimakan zaman.

 

Tradisi Mitoni diharapkan terus dilestarikan oleh generasi muda agar kearifan lokal dan kekayaan budaya ini terus terjaga dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.