Kompas TV regional sulawesi

Menikmati Keindahan Alam Sambil Terapi Udang Merah

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 14:10 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

BUTON, KOMPAS.TV - Warga di kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara mengisi liburan dengan terapi udang merah. Terapi udang merah di sungai berbatuan, yang berada di tengah hutan ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Mengisi liburan, warga di kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara punya cara tersendiri, yakni menikmati terapi udang merah yang berada di tengah hutan desa mapano, kecamatan lasalimu selatan, kabupaten Buton.

Di tempat ini warga bisa menikmati rimbunnya pepohonan sambil terapi udang merah yang berada di sungai berbatuan. Saat merendam kaki atau jari ke dalam air, udang-udang merah inipun berdatangan. Beberapa warga percaya terapi udang merah ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti memperlancar aliran darah dan asam urat, meski belum pernah dibuktikan secara ilmu kedokteran. Bahkan seorang warga mengaku sudah tiga kali datang ketempat ini hanya untuk terapi udang merah.

Telaga udang merah ini merupakan tempat yang dijaga dan dikeramatkan oleh masyarakat desa sekitar, sehingga udang merah tidak bisa dibawa pulang.  Warga percaya, bila udang merah diambil dibawa pulang atau dimatikan maka akan mendapat celaka. Selain itu juga, dari cerita warga, udang merah tersebut konon merupakan prajurit kesultan buton yang dikutuk menjadi udang merah. 

Lokasi wisata ini kini mulai ramai dikunjungi warga, selain dapat menikmati sejuknya pepohonan yang rimbun, pengunjung juga dapat menikmati terapi udang merah yang sangat dijaga kelesatariannya oleh warga setempat.

 

#berwisataudangmerah
#telagaudang
#wisata



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x