Kompas TV regional sumatra

Operasi Katarak Gratis, PT Agincourt Resources Targetkan 1.000 Mata

Kompas.tv - 3 Oktober 2023, 16:42 WIB
Penulis : KompasTV Medan

TAPANULI SELATAN, KOMPAS.TV - Berkomitmen meningkatkan kontribusi bagi masyarakat, PT Agincourt Resources pengelola Tambang Emas Martabe terus melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya operasi katarak gratis bagi warga. Untuk tahun ini, kegiatan dimulai pada bulan September lalu.

PT Agincourt Resources menggelar operasi katarak gratis di Rumah Sakit Bhayangkara Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan. Berlangsung sebanyak 4 putaran, operasi mata katarak gratis ini telah berhasil mengoperasi sebanyak 760 mata dengan jumlah pasien sebanyak 726 orang. Sebagian pasien adalah masyarakat lingkar tambang, sebagian pasien lain berasal dari kabupaten/kota lain seperti Madina, Padangsidimpuan, Palas, Paluta, dan Tapanuli Tengah.

Operasi katarak gratis ini juga menumbuhkan harapan hidup pasien, sebab para pasien penderita katarak yang mengikuti operasi umumnya adalah tulang punggung keluarga yang bekerja di kebun, dan petani rempah-rempah. Tidak hanya itu, bakti sosial ini akan kembali digelar di Kecamatan Sipirok, Kota Pematangsiantar, dan Medan.

Senior Manager Corporate Communication PT Agincourt Resources Katarina Siburian Hardono mengatakan target operasi tahun ini adalah 1.000 mata, dan yang saat ini progres operasi telah mendekati target dengan pencapaian 76 persen. “Untuk jadwal operasi di Kecamatan Sipirok akan berlangsung di Rumah Sakit Sipirok pada tanggal 11 dan 12 Oktober. Kemudian dilanjutkan di Kota Pematangsiantar pada tanggal 20 dan 21 Oktober di Rumah Sakit Mata Siantar”, papar Katarina.

Nantinya, rangkaian operasi mata gratis ini akan ditutup pada operasi di Rumah Sakit Mencirim 77 di Kota Medan pada bulan November mendatang.

Guna meningkatkan antusias masyarakat dalam mengikuti operasi mata ini, PT Agincourt Resources kerap melaksanakan sosialisasi yang bertujuan untuk mengurangi rasa khawatir masyarakat untuk mengikuti operasi. Mata katarak hanya bisa disembuhkan dengan operasi yang menjadikan kegiatan bakti sosial ini solusi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup. 

Seperti yang dirasakan Yusnida warga Batangtoru yang sudah 1,5 tahun menderita mata katarak pada mata sebelah kirinya. Akibatnya, Yusnida kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari, apalagi saat berada di tempat yang terang seperti siang hari, penglihatan semakin buruk. Namun kini, setelah mengikuti operasi mata gratis, penglihatan Yusnida sudah kembali normal tanpa ada efek samping. Yusnida pun kini sudah bisa melihat lebih jernih dan berkegiatan lebih leluasa. (*)

#agincourtresources #operasi #katarak #baktisosial #tambangemas #martabe  #sumaterautara #sumut #medan #beritamedan #beritadaerah

------------



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x