Kompas TV regional jabodetabek

Keterangan Berubah-ubah, Pelaku Penusukan Karyawati di Dekat Central Park Jalani Observasi Kejiwaan

Kompas.tv - 30 September 2023, 05:19 WIB
keterangan-berubah-ubah-pelaku-penusukan-karyawati-di-dekat-central-park-jalani-observasi-kejiwaan
Pria berinisial AH menusuk perempuan berinisial FD di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat. Kini, pelaku telah ditahan di Mapolsek Tanjung Duren. (Sumber: KOMPAS.com/ZINTAN PRIHATINI)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian melakukan pemeriksaan kejiwaan Andi Handoyo (26), tersangka penusukan karyawati FD (44) hingga tewas di dekat mal Central Park, Tanjung Duren, Jakarta Barat. 

Kapolsek Tanjung Duren Kompol Muharram Wibisono menjelaskan observasi kejiwaan tersangka AH dilakukan lantaran banyaknya kejanggalan dalam pemeriksaan yang membuat polisi menduga adanya gangguan kejiwaan yang dialami. 

Semisal saat pemeriksan keterangan tersangka berubah-ubah dan penyampaian keterangan juga tidak relevan. 

Menurut Muharram hasil observasi kejiwaan tersangka AH nantinya akan menjadi petunjuk penyidik terkait penyidikan kasus penusukan FD di dekat mal Central Park, Tanjung Duren. 

Diperkirakan hasil observasi kejiwaan tersangka keluar dalam waktu sepekan. Dalam waktu sepekan itu pihak dokter akan melihat prilaku tersangka.  

Baca Juga: Pembunuh Wanita di Mal Central Park Jalani Tes Kejiwaan

"Tersangka sudah dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan kejiwan apakah betul tersangka mengalami ganguan jiwa atau tidak. Kita harus memastikan itu (gangguan jiwa) dengan medis atau yang berwenang," ujar Muharram saat ditemui di Mapolsek Tanjung Duren, Jumat (29/9/2023). 

Lebih lanjut Muharram menjelaskan sejauh ini pihaknya sudah memeriksa tujuh saksi dan akan ada pemeriksaan saksi lain untuk membuat terang kasus pembunuhan karyawati di dekat mal Central Park. 

Penyidik juga telah mendapatkan data peringatan tanda bahaya atau SOS dari jam cerdas apple watch korban yang terkirim ke telepon seluler suami korban. 

Setelah hasil observasi didapat dan pengumpulan keteranan saksi sudah didapat, pihaknya akan menyampaikan kembali perkembangan dari penyidikan kasus tersebut. 

"Notifikasi SOS dari apple watch korban masuk ke HP suaminya ini terjadi mungkin karena apple watch ini mengalami benturan keras atau hal lain sehingga notifikasi masuk. Itu ada dan diperlihatkan semua. Perkembangannya nanti akan kami rilis ke publik hasil penyidikan seperti apa," ujar Muharram. 

Baca Juga: Polisi Sebut Pembunuh Wanita di Mal Central Park Kemungkinan Alami Gangguan Jiwa: Perilakunya Aneh

Sebelumnya FD (44) menjadi korban penusukan di bagian bawah leher hingga mengalami luka sangat berat saat ingin berangkat menuju kantor yang tak jauh dari lokasi kejadian, di lobi Laguna Mal Central Park, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Selasa (26/9/2023) sekitar pukul 07.00 WIB.

Saat itu korban sedang berjalan kaki lalu dihampiri oleh pelaku AH yang langsung menyerang korban tanpa mengeluarkan ancaman dengan menusuk bagian bawah leher. 

Pelaku kemudian diamankan oleh petugas keamanan di lokasi kejadian tanpa perlawanan dan lansung dibawa ke Mapolsek Tanjung Duren. 

Hasil pemeriksaan sementara, pelaku tidak memiliki dendam dengan korban. Kepada penyidik pelaku juga menjelaskan memilih korban secara acak. 

"Korban mengalami luka sangat berat di bawah leher, itulah yang menyebabkan luka yang sangat fatal sehingga korban meninggal dunia," ujar Muharram. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x