Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Petani di Sukoharjo Menikmati Kenaikan Harga Gabah

Kompas.tv - 29 September 2023, 13:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Inilah suasana panen padi di Desa Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Para petani berurutan memotong padinya, karena sudah waktunya panen.

Menurut salah seorang petani, Subado, harga padi tahun ini lumayan tinggi bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Harga padi siap panen untuk satu hektare bisa mencapai Rp 50 juta sampai Rp 70 juta.

Bahkan, harga gabah yang dibeli tengkulak sudah mencapai Rp6.700 per kilogramnya. Ditambah, untuk tahun ini tidak ada hama tikus, sehingga hasil panennya bisa maksimal. Petani mengaku baru kali ini harga padinya sangat tinggi.

Petani pun memilih gabahnya dibeli tengkulak dengan cara petik langsung, daripada dengan mesin pemotong padi, meskipun harganya lebih murah. Jika dibeli dengan dipotong mesin pemotong padi maka harganya Rp7.000 per kilo, namun dengan risiko tanahnya rusak.

“Sekarang panen di Sukoharjo ini mencapai 50 sampai 70 juta per hektarenya, wah kalau tahun yang kemarin mbak itu petani menangis karena apa, gagal panen, lha ini dampak untuk mengganti yang tahun kemarin, untuk tahun 2023 petani di Sukoharjo sangat sukses,” tutur Subado.

Data dari dinas pertanian Kabupaten Sukoharjo, tahun 2023 sejak Januari hingga April, petani sudah panen seluas hampir 20.000 hektare. Diharapkan panen sampai akhir tahun, bisa lebih luas lagi.

#hargagabahtinggi #petani #sukoharjo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x