Kompas TV regional berita daerah

200 Personel Brimob yang Lakukan Pengamanan di Rempang Dipulangkan, Disebut Instruksi Jokowi

Kompas.tv - 28 September 2023, 15:59 WIB
200-personel-brimob-yang-lakukan-pengamanan-di-rempang-dipulangkan-disebut-instruksi-jokowi
Petugas gabungan dari Polri, TNI, Ditpam Badan Pengusahaan (BP) Batam, dan Satpol PP terlibat bentrok dengan warga Rempang saat penjagaan proses pengukuran untuk pengembangan kawasan tersebut sebagai proyek Rempang Eco City, Kamis (7/9). (Sumber: Antara )
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

BATAM, KOMPAS.TV - Sebanyak 200 personel Brigade Mobil atau Brimob ditarik kembali atau dipulangkan dari wilayah Batam ke satuannya ke Polda Riau.

Diketahui, ratusan personel Brimob itu sebelumnya ditugaskan di bawah kendali operasi (BKO) untuk mendukung upaya pengamanan unjuk rasa warga Rempang yang menolak proyek Rempang Eco City.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, pelepasan ratusan personel Brimob ke satuannya ke Polda Riau telah dilakukan pada hari ini, Kamis (28/9/2023).

Baca Juga: Masih Data Warga, Pengosongan Pulau Rempang pada 28 September 2023 Batal

"Sudah dipulangkan lagi, hari ini pelepasannya. Mereka dikembalikan ke Polda Riau," kata Pandra di Batam, Kepulauan Riau, Kamis.

Pengembalian anggota Brimob Polda Riau itu, kata dia, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menginginkan permasalahan Pulau Rempang dilakukan secara humanis.

"Jadi kami akan mengedepankan upaya-upaya yang lebih preventif dan humanis," ujar Pandra.

Meskipun, lanjut dia, saat ini masih ada anggota Polri yang berada di sekitar wilayah Pulau Rempang.

Mereka ditugaskan untuk meyakinkan masyarakat bahwa Polri ada untuk masyarakat.

"Bukan untuk mengintimidasi ataupun melakukan penekanan-penekanan tertentu," ucap Pandra.

Sebelumnmya diberitakan, Satuan Brimob Polda Riau memberangkatkan sebanyak 200 personel ke wilayah Pulau Rempang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga: Pengamat Kritik Polisi yang Paksa Warga Rempang Lepas Baju saat Diamankan usai Demo: Itu Pelecehan

Mereka dikirim ke sana untuk turut mendukung upaya pengamanan unjuk rasa yang bertugas di Bawah Kendali Operasi (BKO) pada 14 September 2023 lalu.

Komandan Satuan Brimob Polda Riau, Kombes Ronny Lumban Gaol mengatakan, 200 personel itu merupakan petugas terlatih dan pilihan yang ada. 

Tambahan personel tersebut nantinya akan membantu pengamanan unjuk rasa di wilayah hukum Polda Kepri.

"Kepada 200 personel Satuan Brimob Polda Riau yang berangkat ke wilayah hukum Polda Kepri, jaga nama baik kesatuan,” ucap Ronny pada Kamis.

Kombes Ronny meminta agar petugas Brimob yang dikerahkan menjaga masyarakat, dan melakukan pengamanan dengan cara humanis. 

Baca Juga: Klarifikasi Mabes TNI soal Pernyataan Panglima yang Perintahkan Prajurit Piting Masyarakat Rempang

Ia mengingatkan jajarannya agar loyalitas tetap dijaga, jangan sampai membuat citra kepolisian menjadi tidak baik.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.