Kompas TV regional jawa timur

Lanudal Juanda Gagalkan Pengiriman Benih Lobster Ilegal Senilai Rp 7 M!

Kompas.tv - 27 September 2023, 22:53 WIB
Penulis : KompasTV Malang

SIDOARJO-KOMPAS.TV - Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda Puspenerbal, bersama Angkasa Pura I dan  Stakeholder Bandara Juanda, berhasil menggagalkan upaya pengiriman benih bening lobster (BBL) ilegal dari Bandara Juanda menggunakan jasa pengiriman kargo, tujuan Batam, senilai Rp 7 M, (26/09/2023).

Penangkapan ini berawal dari kecurigaan petugas kargo yang menerima paket kiriman dari seseorang yang diduga sebagai kurir. Paket tersebut berupa dua buah kardus yang rencana akan dikirimkan ke Batam menggunakan pesawat.

Pada saat kedua kardus tersebut melewati peralatan X-Ray, petugas mencurigai isi dari kardus tersebut, dimana terlihat bungkusan panjang yang tidak sesuai dengan isi Surat Muat Udara (SMU).

"Kembali menggagalkan pengiriman BBL ilegal sejumlah 60.000 ekor dengan kerugian negara sekitar 7 Milyar Rupiah," terang Danlanudal Juanda, Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo. 

Untuk kasus ini, para terduga pelaku mempunyai modus baru dengan cara mengirimkan BBL melalui jasa kargo, dan berusaha mengelabuhi petugas dengan cara kamuflase bagian terluar dengan makanan. 

Total ada empat orang yang diamankan petugas, dan langsung diserahkan ke Ditpolairud Polda Jatim, untuk dilaksanakan pengembangan lebih lanjut. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x