Kompas TV regional berita daerah

Operasi Pasar Murah di Batang, Turunkan Inflasi

Kompas.tv - 27 September 2023, 17:29 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sebanyak 1.000 ton beras medium untuk kebutuhan operasi pasar mulai disalurkan ke delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Hari pertama operasi pasar di halaman Kantor Bupati Batang, sebanyak 400 paket berisi beras 5 kilogram, telur 1 kilo, gula 1 kilo, dan minyak goreng 1 liter.

 

Dalam tempo singkat, sembako ludes dibeli masyarakat seharga 80 ribu rupiah per paket. Operasi pasar murah tersebut hasil kerjasama antara Bank Indonesia Tegal dengan Pemerintah Kabupaten Batang, serta Bulog setempat. Operasi pasar merupakan upaya menstabilkan harga kebutuhan pokok dan menekan laju angka inflasi 3,7 persen di September 2023. Dan dengan banyaknya operasi pasar yang digelar di banyak tempat, harapannya terjadi penurunan inflasi menjadi 3,1 persen di Oktober 2023 nanti. 

 

Penyelenggaraan pasar murah akan berlanjut di delapan kecamatan lain untuk membanjiri pasar dengan kebutuhan pokok dengan harga murah. Tujuannya, operasi pasar bisa menstabilkan harga pangan dan menurunkan angka inflasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x