Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Miris, Siswa Belajar di Ruang Kelas Rusak Ancam Keselamatan

Kompas.tv - 27 September 2023, 13:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Sungguh sangat miris jika melihat kondisi ruang kelas Sekolah Dasar Negeri 1 Tegalgunung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Sekolah yang berada di tengah-tengah kota ini kondisinya sungguh memprihatinkan. Hampir seluruh plafon ruang kelas berlubang cukup besar.

Kondisi ini jelas membayakan keselamatan para siswa maupun guru. Pasalnya atap plafon bisa sewaktu-waktu ambrol dan menimpa mereka. Kondisi ini membuat proses kegiatan belajar mengajar di kelas tidak nyaman. Para siswa maupun guru merasa was-was jika sewaktu-waktu atap ambrol.

Selain kondisi atap plafon yang membahayakan, kondisi bangunan sekolah juga banyak yang mulai lapuk. Bahkan salah satu ruang kelas sudah tidak digunakan karena mengalami kerusakan cukup parah. Pihak sekolah mengaku sudah mengajukan bantuan renovasi ke dinas pendidikan setempat namun sampai saat ini belum ada bantuan.

“Disini kerusakannya hampir merata tapi yang paling parah tiga ruang, kelas 1, 2, kemudian ruang UKS yang perlu penanganan segara, karena bisa dilihat tadi kondisi plafonnya sudah bolong-bolong banyak yang rusak jadi butuh penanganan. Kebanyakan plafonnya dan kondisi gentingnya yang sudah perlu perbaikan” tutur Siswanto, Kepala SDN 1 Tegalgunung.

SDN 1 Tegalgunung, Kabupaten Blora dulu merupakan salah satu sekolah favorite bagi warga setempat. Namun saat ini jumlah siswa hanya mencapai 49 orang.

#sekolah #ruangkelasrusak #blora



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x