Kompas TV regional jabodetabek

KWP Siapkan 20 Penghargaan buat Menteri hingga Pimpinan Parlemen yang Dukung Kepentingan Publik

Kompas.tv - 27 September 2023, 02:31 WIB
kwp-siapkan-20-penghargaan-buat-menteri-hingga-pimpinan-parlemen-yang-dukung-kepentingan-publik
Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar menerima penghargaan dari Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) di ajang KWP Award 2021. (Sumber: Dok. KWP)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) kembali menggelar KWP Award 2023, Senin (2/10/2023).

Berbeda dari kegiatan serupa pada Tahun 2021, KWP Award 2023 ini menambah nominasi senator (DPD RI) dan mitra kerja DPR, kementerian ataupun lembaga. 

Ketua KWP Ariawan menjelaskan bahwa pada gelaran perdana, KWP Award menekankan kinerja legislator (DPR RI).

Penilaian terhadap kinerja legislator ini sekaligus sebagai tolak ukur keberpihakan atau keterwakilan anggota DPR di Senayan dalam memperjuangkan kepentingan rakyat dan daerah pemilihan.

Sedangkan KWP Award 2023 mengalami perubahan dengan menambah nominasi DPD RI dan mitra kerja, dalam hal ini kementerian/lembaga. 

Baca Juga: Berkontribusi Kemandirian Ekonomi Nasional, Dirut Pertamina Raih Penghargaan Nawacita Award 2023

"Pengembangan nominasi ini untuk melihat sejauh mana perjuangan DPR RI dan DPD RI diimplementasikan kementerian/lembaga terkait," ujar Ariawan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/9/2023).

"KWP mewadai rekan-rekan jurnalis dari berbagai media, baik media daerah, nasional maupun internasional yang melakukan peliputam di Kompleks Parlemen. Teman-temanlah yang selama ini melihat langsung bagaimana kinerja MPR RI, DPR RI, dan DPD RI," tambah Ariawan. 

Ketua Panitia Samrut Lellosima menambahkan, KWP Award 2023 merupakan kegiatan pengurus wadah junalis di DPR dalam membangun suasana yang kondusif antara pemerintah dengan parlemen, sekaligus mendorong terwujudnya parlemen modern. 

Dalam gelaran kali ini, panitia melibatkan tim juri independen yang terdiri dari jurnalis senior, organisasi jurnalis, pengamat dan akademisi. 

"Sehingga mereka yang terpilih adalah tokoh yang memang layak diberi sebuah pengakuan karena publik memberikan pujian dan apresiasi," ujar Samrut. 

Baca Juga: Jebreeet Media Awards 2023, Pelatih Indra Sjafri Hingga Raffi Ahmad Raih Penghargaan

KWP Award 2023 akan diselenggarakan di ruang Pustaloka, Gedung Nusantara IV, kompleks parlemen, Senayan, Senin (2/10/2023) mendatang. 

Ada lebih dari 20 penghargaan yang diberikan dalam rangka mengapresiasi kerja nyata legislator, senator dan mitra kerja kepada masyarakat.

Melalui KWP Award 2023, pengurus dan panitia berharap dapat menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus berinovasi, berkontribusi, dan menciptakan perubahan yang signifikan dalam berbagai sektor di Indonesia. 

"Selain pimpinan dan anggota MPR RI, DPR RI, dan DPD RI, beberapa menteri dan pimpinan lembaga juga akan menerima KWP Award 2023," ujar Samrut.

Adapun KWP Award diselenggarakan sejak Tahun 2021 yang digagas Ketua KWP 2020-2022 Marlen Erikson Sitompul. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x