Kompas TV regional sumatra

TNI Kodam Iskandar Muda Panen 70 Ton Jagung Bersama Kelompok Tani

Kompas.tv - 25 September 2023, 14:54 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH UTARA, KOMPAS.TV - Sekitar 70 ton jagung dipanen di lahan seluas sepuluh hektar di desa Ule Geudong, Aceh Utara. Kegiatan ini merupakan program I’m Jagong untuk ketahanan pangan nasional yang digalakkan Kodam Iskandar Muda bersama kelompok tani di Aceh.

Panen perdana tersebut dilakukan langsung oleh Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Novi Helmi Prasetya, bersama masyarakat dan unsur Forkopimda Lhokseumawe-Aceh Utara.

Meskipun proses penanaman hingga panen dilakukan ditengah musim kemarau panjang akibat fenomena el nino, namun jagung yang dihasilkan di Aceh Utara mencapai enam hingga tujuh ton per hektare. Hal juga karena optimisme dan keyakinan petani atas dukungan dan pendampingan yang terus dilakukan Letkol Inf Hendrasari Nurhono yang merupakan Dandim 0103 Aceh Utara.

Program I’m Jagong ini akan terus dijalankan secera berkesinambungan, sebagai salah satu upaya dari Kodam Iskandar Muda, dalam ketahanan pangan nasional di wilayah Aceh, serta untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

Program I’m Jagong tersebar di tiga wilayah dengan luas lahan 3000 hektar. 1000 hektar di wilayah Korem 011, Lilawangsa, 1000 hektar di wilayah Korem 012, Teuku Umar dan 1000 hektar di wilayah Kodim 0101 Aceh Besar.

Program I’m Jagong bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, mengatasi stunting serta menyukseskan program lumbung pangan nasional dan turut berkontribusi pada pembangunan mandiri di sektor pertanian dan industri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x