Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Seru! Jadi Barista, Siswa SMK Seduh Kopi Espresso Hingga Tubruk

Kompas.tv - 25 September 2023, 17:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Secara bergiliran lima kelas jurusan tata boga di SMK NU Kesesi mendapatkan pelajaran tentang menyeduh kopi berbasis mesin espresso dan penyeduhan manual brew. Mereka dilatih oleh para mahasiswa yang juga sebagai barista.

Para siswa dan siswi SMK NU Kesesi dikenalkan dengan berbagai jenis kopi yang biasanya dipakai di kafe seperti jenis robusta dan arabika. Mereka juga diajari bagaimana cara memakai alat pembuatan kopi dengan alat espresso.

Ada tiga jenis seduhan kopi yang diajarkan kepada para siswa diantaranya adalah espresso, latte, dan kopi tubruk. Peserta mengaku senang mendapatkan pelatihan barista karena profesi ini sedang digemari di kalangan remaja.

“Hari ini dapet pelatihan cara bikin espresso, bikin latte, sama bikin kopi tubruk. Gampang-gampang susah, lumayan lah. Dari takaran, terus kehalusan kopi. Bermanfaat banget buat kita yang mau PKL di kafe,” ucap Anggi dan Zahra, peserta pelatihan.

Pelatihan menjadi barista merupakan upaya SMK NU Kesesi agar para siswa mempunyai bekal keterampilan ketika lulus sekolah. Selain bekerja di kafe, para siswa juga diharapkan bisa berwirausaha terutama di bidang kopi.

“Memberikan pembekalan untuk anak-anak SMK itu gak tok jadi pekerja tapi bisa jadi enterpreneurship dimulai dari basic, di bagian hospitality-nya, mungkin di bagian kopinya. Mudah-mudahan ini bisa menjadikan suatau pembelajaran, pembekalan juga buat teman-teman yang sebentar lagi terjun untuk PKL,” Lutfah Mar'atun Khoiriyah, guru pembimbing.

Diharapkan dengan pelatihan kepada siswa SMK ini terlahir barista yang mempunyai keahlian meracik kopi dengan rasa istimewa.

#pelatihanbaristasmk #kopi #pekalongan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x