Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Penerimaan CPNS Kemenkumham Tahun 2023 Telah Dibuka

Kompas.tv - 22 September 2023, 19:26 WIB
penerimaan-cpns-kemenkumham-tahun-2023-telah-dibuka
Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumhan tahun 2023 dibuka sejak tanggal 20 September - 9 Oktober 2023 mendatang. (Sumber: Humas Kanwil Kemenkumham Sumsel)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023. Pendaftaran ini dibuka sejak 20 September - 9 Oktober 2023 mendatang. Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol. (P) Andap Budhi Revianto menjelaskan formasi bagi CPNS terdiri atas penjaga tahanan dan dosen dengan jenjang asisten ahli.

Kemenkumham menyediakan 1000 kuota untuk penjaga tahanan, dengan rincian formasi pria umum sebanyak 941 orang, formasi wanita umum 50 orang, formasi pria Papua 6 orang, dan formasi pria Papua Barat 3 orang. Untuk jabatan dosen, Kemenkumham mencari 13 orang di formasi umum, satu orang lulusan terbaik, dan satu orang di formasi disabilitas.

“Kemenkumham membutuhkan total 1.000 penjaga tahanan dengan pendidikan minimal SLTA sederajat, yang akan ditempatkan di 33 Kantor Wilayah Kemenkumham. Kemudian total 15 dosen dari berbagai bidang keilmuan yang akan ditempatkan di unit pusat,” jelas Andap, Rabu (20/09/2023).

Pada penerimaan CPNS tahun ini, Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan memperoleh kuota sebanyak 49 orang untuk alokasi formasi jabatan Penjaga Tahanan bagi peserta kualifikasi Pendidikan SLTA sederajat, dengan rincian 47 orang pria dan 2 orang wanita.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, meminta kepada para peserta seleksi CPNS agar teliti dalam memenuhi setiap dokumen yang dipersyaratkan. Ia juga meminta peserta memperhatikan persyaratan umum, maupun khusus agar tidak terjadi kesalahan nantinya.

Ilham menuturkan peserta seleksi CPNS dapat melakukan pendaftaran akun satu kali di situs https://daftarsscasn.bkn.go.id/akun dan peserta hanya bisa melamar di satu instansi dan satu jenis jabatan. Selanjutnya, peserta melakukan unggah dokumen persyaratan.

Selama tes penerimaan CPNS, peserta harus mengikuti sejumlah rangkaian seleksi meliputi  seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), integaris nilai, hingga kelulusan akhir.

“Semua tahapan seleksi CPNS ini, seluruh peserta tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis,” tegas Kakanwil Ilham. “Peserta dapat memantau informasi seleksi Kemenkumham pada situs https://casn.kemenkumham.go.id dan juga media sosial resmi Kemenkumham,” tambahnya.



Sumber : Kompas TV Palembang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.