Kompas TV regional sulawesi

Buaya 3,5 Meter Ditangkap Warga Di Tambak

Kompas.tv - 22 September 2023, 15:59 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

POLMAN, KOMPAS.TV - Se ekor buaya ditangkap warga Amassangan, kecamatan Binuang, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat di dalam tambak ikan. reptil dengan panjang 3 koma 5 meter ini diketahui kerap memangsa ikan milik petani tambak.

Buaya muara dengan panjang 3,5 meter dan berat 100 kilogram ini ditangkap warga dari tambak ikan dengan menggunakan jaring ikan. Selain memakan ikan di tambak, buaya ini bahkan menyerang petani tambak. Butuh waktu empat jam hingga hewan buas ini ditangkap sebelum diserahkan ke petugas pemadam kebakaran setempat.

Menurut warga, dalam sepekan lokasi tambak ikan menjadi tempat buaya dari muara sungai Binuang untuk memangsa ikan. Kondisi ini dikawatirkan petani tambak lantaran mereka rentan di terkam buaya saat bekerja ditambak. Warga berharap, pemeritah setempat membantu menangkap buaya lain yang juga kerap memasuki kawasan tambak milik.

Buaya muara dengan panjang 3,5 meter dengan berat sekitar seratus kilogram ini , baru saja di evakuasi warga dari tambak ikan , setelah berhasil ditingkap oleh sejumlah warga dengan menggunakan jaring ikan .

Buaya pemangsa ini ditangkap beramai – ramai oleh warga setelah sempat terlihat oleh seorang petani dipinggir ambak, buaya ini diduga sedang mengintai mangsa namun sempat terlihat oleh pemilik tambak, buaya ini kerap memangsa ikan dan udang ditambak  bahkan juga nyaris menyerang petani tambak .

Butuh waktu sekitar empat jam hingga binatang buas ini bisa di tangkap , warga menangkap dengan menggunakan tali dan jaring ikan , setelah berhasil diikat warga kemudian menghubungi pihak pemadam kebakaran setempat untuk datang mengamakan buaya tersebut .

Petugas pemadam kebakaran yang tiba dilokasi langsung mengamakan dan mengevakuasi buaya tersebut ke kantor damkar setempat , untuk selanjutnya di serahkan kepada pihak bksda setempat .

Menurut warga dalam sepekan lokasi tambak ikan kerap disatroni sejumlah buaya yang muncul dari muara sungai Binuang , diduga untuk mencari mangsa di dalam tambak ikan milik warga , kondisi ini dikawatrikan para petani tambak lantaran mereka rentan di terkam buaya saat bekerja ditambak .

Dugaan sementara habitat buaya muara ini terganggu sehingga kerap memasuki kawasan tambak milik warga , warga juga meminta kepada pemeritah setempat agar membantu menangkap buaya lain yang juga kerap memasuki kawasan tambak warga setempat.

 

#buayamuara

#terkambuaya
#mencarimangsa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x