Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tanpa Sponsor, Peserta Piala Soeratin U-17 2023 Bayar Rp 10 Juta

Kompas.tv - 21 September 2023, 12:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ketua Asprov PSSI Jateng, Yoyok Sukawi, mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan penyelenggaraan Piala Soeratin U-17. Namun, ada yang berbeda pada gelaran Piala Soeratin U-17 tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

Tahun ini peserta yang akan mengikuti Piala Soeratin U-17 Jateng harus membayar biaya pendaftaran yang mencapai sekitar Rp 10 juta. Diungkapkan, biaya pendaftaran ini untuk membayar perangkat pertandingan seperti wasit, pengawas pertandingan, dan match commission.

Menurut Yoyok, pengadaan biaya pendaftaran tersebut terpaksa dilakukan karena tahun ini salah satu gelaran untuk pembinaan pesepakbola usia muda  tak lagi mendapat sponsor. Padahal tahun lalu para peserta tidak dikenai biaya pendaftaran.

Yoyok memperkirakan, banyak berkurangnya sponsorship pada sepak bola karena efek domino dari tragedi Kanjuruhan Malang. Total peserta dalam Piala Soeratin mencapai 22 klub sepak bola. Selain Piala Soeratin U-17, pihaknya juga menargetkan untuk bisa menggelar sejumlah program kerjanya seperti Liga 3, Soeratin U-15 dan U-13, serta Piala Pertiwi.

“Soeratin U-17 itu kan sekarang ada biaya pendaftaran 10 juta, biaya pendaftaran itu sebenarnya dihimpun untuk membiayai perangkat. Perangkat itu ada wasit, PP, lalu matchcom, ini semua. Sebenernya kita punya semangat, peserta ini jangan dibebani pendaftaran tapi tahun ini karena kita gak adapat sponsor, mau gak mau kita harus lakukan itu. Padahal tahun lalu malah sempet gak ada karena kita dapat sponsor,” tutur Yoyok.

“Ini nampaknya memang efek domino dari kejadian Kanjuruhan yang lalu, jadi sponsor di sepakbola sangat berkurang,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Piala Soeratin U-17 Jawa Tengah tersebut rencananya akan digelar pada 7 Oktober hingga 25 November 2023. Rencananya gelaran ini akan dilakukan home and away setengah kompetisi.

#pialasoeratinu17 #pssijateng #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x