Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Kerajinan Purun Rude Gebol Djuai UMKM Binaan PLN Peduli Jangkau Instansi Pemerintahan

Kompas.tv - 20 September 2023, 17:08 WIB
kerajinan-purun-rude-gebol-djuai-umkm-binaan-pln-peduli-jangkau-instansi-pemerintahan
Rude Gebol Djuai telah mengenalkan produknya dalam beberapa pameran besar, salah satunya Pameran Saresehan Pelaku Ekraf yang dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Sumber: Humas PLN UP3 OGI)
Penulis : KompasTV Palembang

OGAN ILIR, KOMPAS.TV - Kerajinan dari bahan purun atau alang-alang merupakan bagian dari warisan budaya yang kaya dan beragam. Purun adalah sejenis rumput yang tumbuh di daerah rawa atau perairan dangkal dan sering digunakan oleh masyarakat tempat untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan. Salah satu kerajinan purun yang mulai popular di Ogan Ilir adalah "Rude Gebol Djuai", salah satu Mitra Binaan Program PLN Peduli.

Rude Gebol Djuai telah mengenalkan produknya dalam beberapa pameran besar yang dilaksanakan di Sumatera Selatan, antara lain Pameran Saresehan Pelaku Ekraf yang dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Sriwijaya Bussiness Connect yang dilaksanakan HIPMI Sumsel, serta Pameran Musrenbang RKPD Kota Palembang. Kerajinan purun "Rude Gebol Djuai" juga telah dilirik oleh Ibu Gubernur Sumsel yang sempat menganyam purun bersama Rude Gebol Djuai di Rumah Adat OKI Jakabaring, Palembang. Para peminat kerajinan purun juga dapat menjangkau produk kerajinan tangan ini secara online melalui marketplace PLN Mobile dan Instagram @purunrudegeboldjuai.

Dalam membina UMKM yang menjadi bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Ogan Ilir (UP3 OGI) juga terjun langsung untuk mendorong agar kerajinan purun “Rude Gebol Djuai” dapat dikenal lebih luas dan juga menjadi daya tarik khas Desa Pedamaran. Dalam berbagai kesempatan, PLN UP3 OGI memperkenalkan hasil kerajinan purun “Rude Gebol Djuai” kepada instansi pemerintahan lewat kegiatan audiensinya. Produk tersebut juga dikenalkan kepada Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya, dan Kepala Kejari Prabumulih, Roy Riadi, SH.,M.H.

Manager UP3 OGI mengatakan, pihaknya terus berusaha mendorong potensi UMKM binaannya sebagai upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

“Dalam setiap kesempatan, kami mengoptimalkan keberadaan UMKM dan menggunakan produknya sebagai cindera mata, salah satunya kerajinan purun Rude Gebol Djuai.  Dengan memperkenalkan kerajinan purun hasil karya mitra Binaan PLN, besar harapan kami “Rude Gebol Djuai” dapat lebih menjangkau masyarakat luas dan mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif, khususnya di Sumatera Selatan.

Zuardiansyah, pendamping kelompok pengerajin Rude Gebol Djuai menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PLN atas bantuan dan dukungan dalam pengembangan kerajinan purun asli Pedamaran, sekaligus sebagai pelestarian kerajinan lokal ramah lingkungan.

“Terima kasih banyak PLN yang telah mendukung pengembangan kerajianan purun Rude Gebol Djuai ini. Kami berharap kerajinan purun semakin dikenal masyarakat luas dan semakin banyak yang menggunakan produknya utk mendukung kelestarian alam, serta bisa memotiviasi para anak muda untuk turut bangga akan kerajinan daerah” kata Zuardi.

Secara terpisah, General Manager PLN UID S2JB, Amris Adnan, mengatakan PLN terus berkomitmen untuk mengimplementasikan SDG’s (Social Development Goals) melalui Program TJSL PLN Peduli.

“Salah satu tujuan SDG's adalah partnership for the goals yang memiliki sasaran berupa peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan. Melalui program PLN Peduli, kami membina para pelaku UMKM untuk mencapai tujuan tersebut. Kami juga berupaya membantu meningkatkan kapasitas UMKM binaan kami supaya bisa terus berkembang dan berkelanjutan secara jangka panjang, sekaligus mendukung program pemerintah dalam memajukan sektor UMKM Indonesia” tutup Amris.



Sumber : Kompas TV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x