Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Aksi Tanam Mangrove dan Bersih-bersih Pantai Tirang

Kompas.tv - 19 September 2023, 13:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (RJBT) menggandeng sejumlah pihak terkait dalam gelaran bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove serta kelapa genjah ini. Total ada 10.000 mangrove dan kelapa genjah yang ditanam kali ini.

Aksi  ini sebagai komitmen RJBT dalam melestarikan lingkungan, sekaligus mencegah kerusakan alam, sebab isu utama kerusakan alam di kota adalah abrasi. Tidak hanya di Pantai Tirang ini, aksi bersih-bersih pantai juga akan digelar di pantai lainnya yang terancam abrasi.

“Dalam rangka World Cleanup Day, jadi ada dua kegiatan utama yaitu bersih-bersih lingkungan, pantai, kemudian yang keduan penanaman mangrove dan kelapa genjah. Kurang lebih ada 10.000 mangrove dan 300 kelapa genjah. Ini menunjukkan komitmen kami dalam rangka melestarikan lingkungan sekaligus juga mencegah kerusakan,” ucap Aji Anom Purwasakti, Executive General Manager Pertamina RJBT.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang mengapresiasi upaya dari Pertamina Patraniaga RJBT ini, sebab bisa membantu mengurangi dan mencegah abrasi. Selain itu, banyak manfaat mangrove bagi masyarakat sekitar, terutama pelaku UMKM.

“Jenis tanaman yang mampu memberikan daya dukung untuk mencegah abrasi, disamping itu juga ada nilai ekonomi nantinya yang bisa dinikmati teman-teman UMKM yang ada di Semarang, setidaknya menggunakan tanaman mangrove ini untuk ecoprint batik,” ujar FX Suranggono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang.

Sementara itu, Ketua Umum Serikat Pekerja Persada 4 Pertamina Patraniaga RJBT, Solihin, menambahkan, bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove serta kelapa genjah ini sebagai bentuk kepedulian para pekerja Pertamina kepada lingkungan sekitar. Menurutnya sinergitas berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa.

#bersihbersihpantai #penanamanmangrove #pertaminapatraniagaregionaljawabagiantengah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x