Kompas TV regional jawa tengah dan diy

TPA Jatibarang Kebakaran, Sapi Milik Warga Berlarian

Kompas.tv - 18 September 2023, 17:26 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS. TV - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Jatibarang, Kota Semarang, Jawa Tengah, hari Senin (18/9) siang tebakar di dua titik lokasi atas dan bawah. Titik api yang awal mula berada diatas, cepat merambat ke lokasi yang di bawah karena hembusan angin yang cukup kencang.

Wahyu Heryawan, Kepala UPT Jatibarang mengaku, sudah melakukan langkah antisipasi agar api tidak menjalar ke tumpukan sampah yang kebanyakan sampah plastik. Namun, upaya menetralisir api dengan menggunakan dua unit pemadam kebakaran tidak mampu menetralisir api yang cukup besar.

“Awalnya dari TPA yang sudah tutup, kemudian tadi siang karena kondisinya gak mendung ya, anginnya kenceng terjadi percikan lalu menjalar ke bawah. Penyebabnya belum diketahui. Total hanya satu titik cumin menjalar saja,” ujar Wahyu Heryawan, Kepala UPT TPA Jatibarang Semarang.

Sementara itu, Kompol M. Choled, Kapolsek Mijen mengaku, mengerahkan seluruh jajarannya untuk membantu pemadaman, serta melakukan pengamanan agar warga tidak mendekat.

Selain itu, ia juga mengimbau warga untuk segera mengevakuasi hewan ternak yang berada di lokasi TPA Jatibarang yang terbakar. Tampak sejumlah sapi berlarian menghindari kebakaran yang terjadi di TPA Jatibarang.

“Kami mengorganisir potensi masyarakat yang ada untuk membantu pemadaman termasuk komunikasi dengan pemadam, kemudian demi keamanan masyarakat kami menghimbau, ya arena ada hewan ternak di lokasi dan para pemulung yang masih mengambil barang untuk sementara kami geserkan untuk supaya kita focus dalam pemadaman kebakaran ini,” jelas Kompol M. Choled, Kapolsek Mijen.

Sampai saat ini, upaya pemadaman terus dilakukan di dua titik lokasi dengan luasan satu hektare yang terbakar.

#kebakaran #tpajatibarang #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x