Kompas TV regional sulawesi

Siswa Bertaruh Nyawa Seberangi Sungai Untuk Menuntut Ilmu

Kompas.tv - 18 September 2023, 16:41 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

BANGGAI, KOMPAS.TV - Puluhan siswa di desa masungkang, bertaruh nyawa dengan menyeberangai sungai untuk menuntuk ilmu. Mereka harus melewati arus sungai yang berarus deras dan dilakukan hampir setiap hari.

Cuaca pagi itu mendung. 22 siswa dari desa masungkang bersiap untuk menyeberangi sungai ke desa ondo-ondolu. Dengan bantuan orang tua dan kepala desa, siswa menyeberangi sungai yang berarus deras, begitupun saat kembali pulang ke rumah.
Tak jarang ada yang hampir hanyut hingga seragam basah ke sekolah untuk mengikuti pelajaran.

Kondisi ini dirasakan siswa sejak menuntut ilmu di sekolah menengah pertama satu atap batui lima. Tidak ada pilihan karena sekolah lainnya berjarak lebih jauh dan medan yang dilalui cukup sulit.

Kepala desa masungkang, narahari , beberapa tahun terkahir ada saja siswa dan warga yang menjadi korban saat menyeberangi sungai kayua. Mereka berharap pemerintah membangun jembatan untuk akses para siswa dan warga yang hendak ke desa seberang.

Saat banjir, para siswa memilih tidak bersekolah hingga sepekan lamanya. Sementara siswa yang terlanjur berada di sekolah menginap di rumah warga yang berada dekat sekolah.

 

#menuntutilmu
#siswa
#menyeberangsungai



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x