Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Viral, Meteor Melintas Di Langit Yogyakarta

Kompas.tv - 15 September 2023, 17:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Berdasarkan rekaman kamera amatir warga, benda langit yang diyakini meteor ini terlihat melintas di atas langit Yogyakarta. Benda mirip bola api ini bahkan terlihat hampir di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mulai dari Gunungkidul, Bantul, Sleman hingga Kulon Progo. Video amatir rekaman fenomena inipun sempat ramai di media sosial.

Meski tidak ada pengamatan khusus, namun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta meyakini jika benda tersebut merupakan meteor yang jatuh melintasi di wilayah Jawa dan mengarah ke Samudra Hindia. Meski demikian, BMKG tidak dapat memastikan benda tersebut mendarat dimana.

Dikarenakan selain di wilayah DIY, fenomena meteor atau bintang jatuh ini dilaporkan terlihat pula di daerah Garut, Jawa Barat hingga Banten.

"Secara video yang beredar kami meyakini bahwa itu memang meteor yang jatuh. Terlihat di Gunungkidul melintas, ada cahaya besar dan bergerak, " ungkap Warjono, Kepala BMKG Yogyakarta.  

Peristiwa meteor atau bintang jatuh ini terjadi pada hari Kamis (14/9/2023) malam. Meski fenomena ini sebenarnya sering terjadi, namun karena ukuran benda ini terbilang besar dengan cahaya yang cukup terang, sehingga membuat warga yang sempat menyaksikan fenomena ini pun kaget dan mengabadikan fenomena ini melalui kamera mereka.

#fenomenameteor #bintangjatuh #yogyakarta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x