Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Warga Antre dan Berdesakan Terima Bantuan Beras dari Bulog

Kompas.tv - 15 September 2023, 14:56 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BREBES, KOMPAS.TV - Ratusan warga Desa Bulakamba, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, antre berdesakan untuk mendapatkan bantuan pangan berupa beras seberat 10 kilogram di Kantor Kepala Desa Bulakamba, Selasa (12//9/2023) siang. Pemerintah Kabupaten Brebes bersama Bulog Cabang Pekalongan, menggelontorkan 2.239 ton beras jenis medium. Penjabat Bupati Brebes, Urip Sihabudin, mengatakan, total penerima manfaat bansos beras di Brebes mencapai 223.943 penerima. Jumlah tersebut tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Brebes.

“Selama tiga bulan, mulai September, Oktober, November. Mudah-mudahan membantu lah, harga beras memang lagi tinggi,” ucap Urip Sihabudin.

Penyaluran bantuan pangan ini dipercepat karena masih tingginya harga beras di pasaran. Saat ini cadangan beras Bulog Cabang Pekalongan mencapai 28.000 ton. Sedangkan wilayah operasional yang meliputi eks Karesidenan Pekalongan untuk sekali penyaluran sebanyak 7.000 ton.

“Jadi kepada persoalan harga beras yang tinggi makannya oleh pemerintah mengambil sikap untuk segera memberikan bantuan pangan. Konsepnya bantuan pangan ini akan dialokasikan pada bulan Oktober, November, dan Desember namun dimajukan menjadi September, Oktober, dan November,” tutur Ramadin Ruding, Kepala Bulog Cabang Pekalongan.

Hingga minggu kedua September harga beras di sejumlah pasar tradisional di Brebes masih cukup tinggi. Beras jenis medium dijual Rp14.000 per kilogram, sedang untuk kualitas premium mencapai  Rp16.000.

#bulog #beras #pekalongan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x