Kompas TV regional berita daerah

Siswa SMK NU Kesesi Jadi Barista Handal

Kompas.tv - 12 September 2023, 19:16 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Secara bergiliran, lima kelas jurusan Tata Boga di SMK NU Kesesi mendapatkan pelajaran tentang menyeduh kopi berbasis mesin espresso dan penyeduhan manual brew. Mereka dilatih oleh para mahasiswa yang juga seorang barista.

 

Para siswa dan siswi SMK NU Kesesi dikenalkan dengan berbagai jenis kopi yang biasanya dipakai di cafe-cafe seperti jenis Robusta dan Arabika. Mereka juga diajari bagaimana memakai alat pembuatan kopi dengan alat espresso.

 

Ada tiga jenis seduhan kopi yang diajarkan kepada para siswa, diantaranya adalah espresso, latte dan kopi tubruk. Peserta mengaku senang mendapatkan pelatihan barista karena profesi ini sedang digemari di kalangan remaja.

 

Pelatihan menjadi barista merupakan upaya SMK NU Kesesi agar para murid mempunyai bekal keterampilan ketika lulus sekolah. Selain bekerja di cafe, para murid juga diharapkan bisa berwirausaha terutama di bidang kopi.

 

Diharapkan dengan pelatihan kepada siswa SMK ini terlahir barista yang mempunyai keahlian meracik kopi dengan rasa istimewa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x