Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pagelaran Sandyakala Smara, Kembalikan Batik Kudus ke Asalnya

Kompas.tv - 12 September 2023, 14:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Digelar dengan latar belakang Rumah Adat Kudus Yasa Amtra di Desa Kramat, Kecamatan Kota, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (6/9/2023) petang, puluhan model ternama mengenakan lebih dari 70 koleksi busana batik karya desainer ternama Denny Wirawan. Pagelaran dengan tema ‘Sandyakala Smara’ ini merupakan bentuk dukungan penuh dalam melestarikan dan mengapresiasi kekayaan budaya Indonesia terutama batik Kudus yang dikenal memiliki corak dan warna yang indah dan bernilai tinggi.

Mengambil ciri khas kebaya encim serta kain batik Kudus sebagai padanannya di era dekade 1930-an hingga 1950-an, dengan memadukan hasil koleksi para perajin batik binaan Djarum Foundation dan para pembatik pesisir di Kota Pekalongan.

Desainer Indonesia, Denny Wirawan, menjelaskan, koleksi Sandyakala Smara ini tidak hanya sekedar busana, namun juga sebuah perjalanan budaya dan kreativitas yang yang mempertemukan antara budaya masa lalu dan masa sekarang, dengan menggunakan motif batik Kudus dengan corak Nusantara, Tionghoa dan Eropa.

“Kali ini mengangkat motif Batik Kudus itu dari sisi peranakan, karena peranakan itu mengandung unsur-unsur elemen dari Indonesia dan Nusantara, Tinghoa, dan Eropa,” jelas Denny.

Menurut Indah Kalalo, model peraga busana menegaskan, pagelaran Sandyakala Smara ini membuatnya kembali berlenggok di atas catwalk setelah hampir 25 tahun ditinggalkan, dirinya terkesima dengan motif batik Kudus yang corak warnanya indah dan sangat menarik.

“Terbengong-bengong dengan karya batik Kudus, bisa dilihat dari bunganya, burung, embroiderynya, terus semua warna-warnanya benar-benar cerah,” tegas Indah.

Pagelaran ini dihadiri kurang lebih 250 undangan dari berbagai kalangan, mulai dari para artis Ibu Kota hingga para budayawan yang datang untuk mengenal, dan menjelajahi budaya Kota Kudus, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi daya tarik Kota Kudus dan menjadi salah satu destinasi wisata yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Kudus.

#sandyakasmara #batikkudus #kudus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x