Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Seekor Penyu Mati Terdampar di Pantai Sepanjang

Kompas.tv - 12 September 2023, 14:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.TV - Penemuan bangkai penyu di kawasan Pantai Sepanjang ini, berawal dari laporan para pedagang yang mengeluhkan bau menyengat yang berasal dari sisi barat Pantai. Setelah dilakukan pencarian, petugas SAR Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Wilayah II Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, akhirnya berhasil menemukan keberadaan sumber bau busuk yang berasal dari bangkai seekor penyu yang terdampar di kawasan pantai tersebut.

Saat ditemukan, satwa langka ini sudah dalam kondisi mati. Penyu ini memiliki panjang sekitar 35 sentimeter, lebar dada 35 sentimeter dan berat sekitar 50 kilogram. Bangkai penyu ini pun langsung dievakuasi dan dikubur agar tidak mengganggu kenyamanan para wisatawan yang berkunjung.

“Pada hari ini di Pantai Sepanjang, anggota kami saat melakukan patrol di pesisir Pantai menemukan sebuah bangkai seekor penyu, tapi untuk jenis penyu itu sendiri belum bisa kami ketahui. Dengan bobot kurang lebih 50 kilogram, terkait untuk panjang itu ada 50 sentimeter dengan lebar dada itu ada 35 sentimeter. Dan kami langsung mengubur penyu tersebut karena sudah mengeluarkan bau yang sangat menyengat, ini juga demi kenyamanan para wisatawan yang berkunjung,” jelas Surisdiyanto, Sekretaris Sarsatlinmas Wilayah II Gunungkidul.

Penemuan bangkai penyu di kawasan Pantai Gunungkidul sudah ke dua kalinya  terjadi sejak awal 2023. Pihak SAR sendiri belum bisa memastikan penyebab kematian dari satwa langka tersebut.

#penyu #pantaisepanjang #gunungkidul



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x