Kompas TV regional berita daerah

Demi Air Bersih, Warga Terpaksa Jalan Kaki 3 Km

Kompas.tv - 12 September 2023, 15:10 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

BUTON, KOMPAS.TV - Akibat kekeringan, warga di Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, terpaksa berjalan kaki sejauh tiga kilometer untuk mengambil air bersih. Warga tak punya pilihan, lantaran air bersih dilokasi mereka sudah habis.

Warga desa Sandang Pangan, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara kini harus bekerja keras. Mereka terpaksa berjalan kaki sejauh 3 kilometer hanya untuk mengambil air bersih.

Warga tak punya pilihan, sumber air di kampung mereka kering imbas kemarau panjang. Jalan yang ditempun warga pun tak mulus, warga harus harus berjalan kaki menurun lembah menuju mata air di sekitar bekas galian tambang aspal. Ini dilakukan setidaknya dua kali dalam sehari.

Minimnya air bersih di Desa Sandang pangan membuat pemkab Buton selatan akan segera memberi bantuan. Suplai air bersih pun direncanakan akan segera dikirimkan.

Kemarau panjang, membuat sebagian besar wilayah di Sulawesi Tenggara alami kekurangan air bersih. Warga terpaksa memanfaatkan air bersih yang ada saat ini unutk memenuhi kebutuhan sehari  hari.

 

 

#kekeringanairbersih
#wargaharusjalankaki
#bekasgaliantambangaspal



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x