Kompas TV regional berita daerah

Keladi Tumbuk Makanan Khas Papua

Kompas.tv - 11 September 2023, 13:27 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

SORONG, KOMPAS.TV - Papua memiliki makanan khas yang memiliki keunikan tersendiri disamping rasanya yang enak, selain papeda yang terbuat dari sagu. Adanya juga keladi tumbuk yang berasal dari umbi-umbian.
Pembuatan keladi tumbuk sendiri sangatlah mudah karena hanya terdiri dari tiga bahan utama. Yakni keladi atau umbi-umbian. Santan kelapa dan gula pasir.

Pertama keladi mentah ini dikupas dan dipotong-potong menjadi dadu. Kemudian direbus dengan air hingga 10 menit. Agar keladi ini mudah untuk ditumbuk, setelah masak keladi disisakan pada wadah terpisah untuk penumbukan.

Namanya saja keladi tumbuk proses pembuatannya sudah pasti harus dengan cara ditumbuk, keladi akan ditumbuk sampai halus. Kemudian masukan gula pasir, setelah tercampur akan ditumbuk kembali dan selanjutnya masukkan santan kelapa yang sebelumnya sudah dimasak.

Setelah dicampurkan tiga bahan utama tadi. Keladi tumbuk ini akan dimasukan kedalam wadah dan menunggu hingga 1 jam barulah dimakan, Selain menjadi makanan rumahan. Menu khas Papua yang satu ini juga biasanya disajikan pada setiap acara.

 

#keladitumbuk
#makanankhas
#pembuatankeladi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x