Kompas TV regional jawa timur

Imbas Karhutla di Gunung Arjuno, Jalur Pendakian dan Wisata Ditutup

Kompas.tv - 6 September 2023, 20:16 WIB
Penulis : KompasTV Malang

BATU, KOMPAS.TV - Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo menutup seluruh jalur pendakian dan beberapa tempat wisata alam yang berada di lereng Gunung Arjuno. Hal ini dilakukan imbas dari terbakarnya hutan dan lahan di Gunung Arjuno.

Penutupan jalur pendakian ke Gunung Arjuno ini dilakukan Tahura R Soerjo sejak 26 Agustus 2023. Selain jalur pendakian, wisata ke pemandian air panas cangar juga ditutup pada 4 September 2023. Penutupan jalur pendakian dan wisata ini dilakukan Tahura selama proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuno.

Choir Maulana, Kepala Resort Pengelolaan Hutan Wilayah Kerja Kota Batu menjelaskan, penutupan ini dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Choir menambahkan, akibat kebakaran yang terjadi di gunung Arjuno, jalur pendakian yang biasa dilewati pendaki juga terbakar, dan hal tersebut cukup membahayakan bagi pendaki.

"Jalur jalur pendakian dan wisata itu terbakar, makanya kita untuk mengamankan wisata dan pendakian makanya kita tutup," Terang Choir.

Beberapa pengunjung yang akan berwisata ke pemandian air panas cangar terpaksa harus mengurungkan niatnya akibat penutupan sementara areal wisata tersebut.

"Rencananya mau ke pemandian, tapi karena ada bencana alam kebakaran makanya ditutup, belum tentu dibukanya," Kata Maryanto.

Kebakaran hutan dan lahan yang berada di gunung arjuno hingga saat ini masih terjadi. Petugas gabungan terus berupaya memadamkan api yang membakar hutan yang berada di wilayah Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Batu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x