Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Ritual Sembayang Arwah, Warga Rembang Berebut Sembako

Kompas.tv - 4 September 2023, 15:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

REMBANG, KOMPAS.TV - Aksi berebut sembako digelar warga dalam ritual sedekah bumi di Klenteng Tjoe An Kiong, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Ratusan warga yang sudah menunggu di luar klenteng langsung berlarian untuk berebut sembako yang disajikan oleh pengelola klenteng.  Selain sembako, sejumlah makanan juga diperebutkan oleh warga.

Tradisi berebut sembako ini digelar untuk mendoakan para arwah yang tidak terawat. Salah seorang warga mengatakan bahwa dirinya sangat senang bisa mendapatkan sembako yang dapat memenuhi keperluannya sehari-hari.

“Tujuan utama dari acara ini adalah kita menyembayangi makhluk-makhluk yang kurang dirawat oleh keluarganya supaya disini bisa merasakan nikmatnya makan bersama makanan yang sudah kita sajikan. Setelah itu diperebutkan oleh warga di sekitar klenteng yang mungkin kurang mampu supaya bisa merasakan sembako untuk kebutuhan rumah tangga," kata Rudi Hartono, ketua panitia.

Klenteng Tjoe An Kiong merupakan salah satu klenteng tertua di Jawa Tengah yang setiap tahun menggelar ritual ini. Tujuan dari ritual ini adalah untuk mendoakan leluhur yang sudah meninggal.

#klentengtjoeankiong #lasem #rembang 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x