Kompas TV regional berita daerah

Teten Masduki Resmikan SPBUN di Pekalongan, Bantu Nelayan Hemat BBM

Kompas.tv - 1 September 2023, 16:10 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan BBM untuk nelayan kecil, salah satunya adalah pendirian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) guna memperluas jangkauan layanan kepada para pencari ikan tersebut.

 

Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki meresmikan SPBUN di wilayah pesisir Desa Tratebang, Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Keberadaan SPBUN ini menjadi upaya nyata Kementerian Koperasi dan UMKM dengan BUMN Pertamina dalam menyokong keberlangsungan operasional masyarakat di kawasan pesisir.

 

Penambahan SPBUN ini sebagai salah satu implementasi dari komitmen Kementerian Koperasi dan juga Pertamina dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Kebutuhan para nelayan dalam memenuhi ketersediaan energi harus bisa dipenuhi dalam menunjang aktivitas mereka.

 

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UMKM, menyebut yang boleh mengakses solar subsidi adalah nelayan yang sudah masuk data digital koperasi agar lebih tepat sasaran. Saat ini stasiun pengisian bahan bakar nelayan yang besar ada 388 namun ini masih belum bisa mencukupi. Kementerian Koperasi memberikan peluang usaha bagi koperasi nelayan untuk membuat SPBUN mini.

 

Penambahan unit SPBUN mini dengan kapasitas sekitar 7.000 liter ini diharapkan bisa mendekatkan ke nelayan. Ada lebih dari 10 ribu desa nelayan seluruh Indonesia sehingga perlu terus ditambah bangun unit SPBUN di desa nelayan agar lebih dekat dan harga juga sesuai ketentuan pemerintah. Saat ini SPBUN mini baru ada 59, untuk tahun depan diperbanyak menjadi 250 unit.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x