Kompas TV regional jabodetabek

LRT Jabodebek Sempat Alami Gangguan Pagi Tadi, KAI Minta Maaf, Janji Perbaiki Layanan

Kompas.tv - 30 Agustus 2023, 14:19 WIB
lrt-jabodebek-sempat-alami-gangguan-pagi-tadi-kai-minta-maaf-janji-perbaiki-layanan
Ilustrarsi LRT Jabodebek. PT KAI minta maaf atas gangguan pada operasional LRT Jabodebek pada pagi ini, Rabu (30/8/2023). (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meminta maaf atas gangguan operasional Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) pada pagi tadi, Rabu (30/8/2023). 

Ada beberapa gangguang yang dialami moda transportasi tersebut, mulai dari, AC tidak nyala, pengereman yang terlalu terhentak, hingga pintu kereta tidak menutup.

"Terkait dengan adanya kekurangnyamanan yang dialami penumpang, seperti proses pengereman yang masih ada hentakan, terjadinya penumpukan penumpang karena ada kendala teknis seperti pintu kereta tidak dapat tertutup, AC dan listrik mati serta beberapa fasilitas papan informasi yang belum berfungsi secara maksimal," kata  VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan tertulis, Rabu (30/8/2023).

"KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat," imbuhnya. 

Ia pun menegaskan pihaknya berjanji akan memberbaiki layanan demi kenyamanan penumpang.

"KAI berkomitmen untuk terus memperbaiki dan meningkatkan layanannya," ujarnya.

Pihak manajemen Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek juga telah meminta maaf atas kendala yang terjadi pada perjalanan LRT hari ini.

"Kami mohon maaf atas gangguan yang terjadi pada perjalanan LRT hari ini dan mengakibatkan kekurangnyamanan bagi pengguna jasa LRT Jabodebek," kata Manajer Humas LRT Kuswardoyo, Rabu (30/8), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: LRT Jabodebek Resmi Beroperasi: Sempat Alami Gangguan, Ada Keluhan Tunggu Kereta hingga Satu Jam

Adapun gangguan pada KRT Jabodebek berlangsung pagi tadi sekitar pukul 08.00 WIB saat LRT dari Stasiun Jatimulya Bekasi tujuan Stasiun Dukuh Atas terhenti di Stasiun Cikunir. 

Saat itu pintu kereta yang harusnya otomatis, mengalami gangguan buka tutup. Hal tersebut pun mengakibatkan perjalanan sempat tertahan.

"Ketika terjadi gangguan pada pintu kereta maka otomatis kereta tidak akan bisa beroperasi karena sudah diatur by sistem semuanya ya," ujarnya.

Sementara itu, kereta yang mengalami gangguan telah dipindahkan ke depo untuk dievaluasi oleh PT INKA dan KAI.

Tak hanya itu, gangguan juga terjadi saat LRT memasuki Stasiun Halim, yang mana pendingin ruangan (AC) dan lampu kereta padam.

Kuswardoyo menjelaskan bahwa insiden tersebut disebabkan oleh gangguan pada pembangkit listrik LRT atau TPSS (Traction Power Supply Substantion), yang mengakibatkan matinya aliran listrik dan mengganggu operasional LRT.

"Jadi kalau di Halim itu terjadi gangguan pada pembangkit listriknya, TPSS yang ada. Jadi terjadi gangguan sehingga TPSS-nya drop," jelasnya.


Saat ini kereta sudah berjalan normal dan perihal gangguan ini telah dikoordinasikan kepada pihak penanggung jawab TPSS, yakni Adhikarya.

Baca Juga: Cara Cek Jadwal LRT Jabodebek Bisa Lakukan Lewat Ini, Ada Jam Keberangkatan Awal dan Akhir


 




Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x