Kompas TV regional berita daerah

Menelusuri Jejak Penelitian Wallace Di Tanah Sulsel

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 15:00 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAROS, KOMPAS.TV - Universitas Hasanuddin bersama akademi ilmu pengetahuan Indonesia, menjelajahi jejak penelitian Alfred Russel Wallace di sejumlah titik di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Penelusuran ini untuk melihat jejak bapak biogeografi itu di tahan Sulawesi.

Penelurusan jejak Alfred Russel Wallace di tanah Sulawesi Selatan di lakukan di Kabupaten Maros, tepatnya di pinggiran Gunung Karst, Desa Baruga, Kecamatan Bantimurung.

Penelurusan dilakukan tim dari Universitas Hasanuddin, akademi ilmu pengetahuan Indonesia dan juga para peneliti dari Griffith University.

Tempat ini dipilih, karena  dipercaya, bapak biogeografi itu pernah tinggal di tempat ini selama melakukan penelitian. selain di karst Maros, kawasan Permandian Alam Bantimurung juga dikunjungi, Wallace pun pernah meneliti spesies kupu-kupu di tempat ini.

Bagi kita di kawasan Sulawesi dan Indonesia Timur Wallace telah memberikan suatu tanda di peta dunia tentang Wallacea Region, jadi peran itu sangat signifikan di dalam menghasilkan suatu kajian ilmiah yang berujung pada di tandainya suatu kawasan yang memiliki endemisitas unik sehingga menyebutnya Wallacea Region.

Alfred Russel Wallace termasuk salah satu pionir peletak dasar teori evolusi. Seorang naturalis asal Inggris pernah mengelilingi nusantara dan mengumpulkan lebih dari seribu spesies.

#jejakpenelitianwallaceditanahsulsel

#sejarahjejakpenelitian

#menjelajahijejakpenelitianwallece



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x