Kompas TV regional jabodetabek

Kata Polisi soal Rumah Dino Patti yang Diduga Disewa oleh Komplotan Penipu Online

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 08:39 WIB
kata-polisi-soal-rumah-dino-patti-yang-diduga-disewa-oleh-komplotan-penipu-online
Dinding rumah Dino Patti Djalal yang diduga disewa oleh sindikat peniipuan online penuh dengan busa peredam suara. (Sumber: Istimewa via Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polisi belum bisa memastikan kebenaran kasus rumah Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal yang diduga disewa oleh sindikat penipu online.

Kapolsek Mampang Kompol David Y menyampaikan pihak kepolisian belum bisa memastikan hal itu karena para pelaku telah meninggalkan rumah Dino sejak lama. 

"Dari pihak polsek atau dari kepolisian tidak bisa memastikan bahwa itu adalah penipuan online," ujar dia saat dikonfirmasi, Senin (28/8/2023). 

"Dari awal kami sampaikan, kami enggak bisa membuktikan bahwa rumah itu adalah (markas) penipu online. Sebab, sudah kosong tempatnya, hanya tersisa barang-barang," sambung dia. 

Baca Juga: Oknum Polisi Dan Kepala Desa Diduga Lakukan Penipuan Berkedok Koperasi

Saat ini, David hanya bisa memastikan perihal identitas penyewa yang diduga palsu. Ia menyebut KTP penyewa rumah Dino tak terdaftar di dalam sistem Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). 

"Ada dugaan pemalsuan KTP oleh penyewa. KTP itu tidak terdaftar di Dukcapil saat kami cek. Tapi kami masih terus dalami," ungkap dia.

Sebelumnya diberitakan,  penyalahgunaan rumah sewa milik Dino Patti Djalal diketahui saat dirinya menerima bon tagihan pembayaran listrik beberapa waktu lalu.

Saat itu Dino merasa heran menerima surat peringatan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Padahal, ada penyewa yang tengah menempati rumah tersebut.

"Awalnya staf saya bilang rumah itu sudah lama enggak dibayar listriknya. Saya akhirnya minta dia untuk mengecek langsung ke lokasi," kata Dino.

"Setelah dicek, ternyata tampak depan rumah sudah terbengkalai. Banyak dedaunan yang gugur dan rumahnya kelihatan sepi," lanjut dia.

Dino pun mengecek kondisi rumahnya secara langsung, dan ia terkejut karena rumah yang disewakannya kepada orang lain dipasangi banyak peredam.

"Pas masuk, saya kaget rumahnya sudah kosong melompong dan ditinggal dalam keadaan tak terawat atau rusak," ungkap Dino.


"Kemudian, yang lebih anehnya lagi, semua jendela ditutup sama busa kedap suara. Tak hanya jendela, beberapa sudut lain juga ditutup dengan benda serupa," sambung dia dikutip dari Kompas.com, Senin.

Baca Juga: Rumahnya Diduga Disewa Sindikat Penipu Online, Dino Patti Djalal Sebut Penyewa Gunakan WNI saat Akad



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x