Kompas TV regional sulawesi

GHPR Tinggi, Dinkes Pastikan Ketersediaan Vaksin Rabies Mencukupi

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 00:00 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Mengantisipasi tingginya kasus gigitan anjing di Sulawesi Utara, Dinas Kesehatan Provinsi Sulut menyatakan bahwa ketersediaan vaksin anti rabies masih aman, di angka 11 ribu vial.

Angka kasus GHPR atau Gigitan dari Hewan Penular Rabies di Sulawesi Utara terbilang cukup tinggi, hingga bulan Juli tahun 2023, Dinas Kesehatan mencatat ada sebanyak 3007 kasus gigitan anjing yang terjadi di sejumlah wilayah di Sulawesi Utara.

Sementara untuk kasus Lyssa atau kematian akibat rabies, hingga pada Juli 2003 ada sebanyak 11 kasus. Dinas Kesehatan melalui kepala seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan krisis kesehatan, dokter Arthur Tooy mengatakan, bahwa ketersediaan virus anti rabies di dinkes Sulut, masih cukup aman, di angka 11 ribu vial.

Namun menurutnya, vaksin tersebut masih harus dibagikan ke sejumlah daerah di Sulawesi Utara, sesuai angka kasus di masing-masing daerah.

Ditambahkannya juga, warga diimbau untuk segera membawa korban gigitan atau cakaran hewan penular rabies ke fasilitas kesehatan terdekat dan tidak menunda waktu perawatan medis, karena akan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani secara medis.

#kompastvmanado #rabies #dinkessulut

Edward Siwi Jimmy Dapar Kompas tv Manado

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x