Kompas TV regional berita daerah

Musim Angin Kumbang di Laut Jawa, Nelayan Kesulitan dan Harga Ikan Melambung

Kompas.tv - 28 Agustus 2023, 19:16 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Cuaca buruk di musim angin kumbang yang melanda perairan Laut Jawa dalam beberapa pekan terakhir, membuat para nelayan kesulitan untuk memperoleh hasil tangkapan ikan. Jika biasanya nelayan bisa menjaring berbagai jenis ikan, seperti kakap merah, entong, tongkol, bawal, banyar, rajungan, dan kerang, kini mereka kesulitan.

 

Selain itu, sedikitnya nelayan yang melaut membuat pasokan ikan di tempat pelelangan ikan di pelabuhan menurun drastis. Bahkan dalam beberapa hari terakhir sempat tidak ada transaksi jual beli di pelelangan ikan.

 

Salah seorang pedagang ikan, Ratini, mengaku dampak dari berkurangnya pasokan ikan saat ini membuat harga semua jenis ikan melambung. Harga ikan kakap merah yang sebelumnya dijual hanya Rp 60 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 70 ribu per kilogram. Ikan kakap kaci atau kakap biasa mengalami kenaikan cukup tinggi yakni Rp 15 ribu per kilogramnya. Sebelumnya per kilogram Rp 20 ribu rupiah kini menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Ikan etong dari Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 45 ribu per kilogram, sedangkan cumi-cumi naik menjadi Rp 100 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 80 ribu per kilogram.


Tidak hanya di TPI Pelabuhan Tegal Sari, suasana di TPI Pelabuhan Pelindo Kota Tegal juga tampak sepi. Jika biasanya lapak para pedagang ramai kini nampak tidak ada aktivitas jual beli.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.