Kompas TV regional berita daerah

Dilanda Kekeringan Warga Manfaatkan Air Sungai

Kompas.tv - 28 Agustus 2023, 16:30 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Musim kemarau yang melanda Wilayah Sukabumi Jawa Barat, selama hampir dua bulan ini sudah dirasakan warga di 9 kecamatan dan 12 desa di Kabupaten Sukabumi. Seperti warga di Desa Cijarian, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, yang setiap harinya memanfaatkan aliran Sungai Cijarian yang kondisinya sudah mulai mengering.

Aktifitas mencuci, mandi, dan bahkan mengambil air untuk kebutuhan rumah tangganya sudah dilakukan sejak dua bulan ini. Warga mengaku sulit mendapat air bersih karena sumur air serapan sudah menyusut. Untuk mendapat air bersih, warga harus membeli satu jerigen 6 ribu rupiah untuk kebutuhan minum.

Warga sudah mengalami kesulitan dan kekurangan air bersih sejak musim kemarau datang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sukabumi mencatat ada 5.849 kepala keluarga yang kini mengalami kekurangan air bersih dan terpaksa memanfaatkan aliran sungai untuk mandi cuci kakus. Selain itu, pihaknya sudah menyuplai air bersih sebanyak 146 ribu liter baik oleh BPBD maupun PMI.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x