Kompas TV regional sumatra

Puskesmas Pembantu Mampu Memberikan Harapan Baru Bagi Kesehatan Masyarakat Terpencil

Kompas.tv - 28 Agustus 2023, 15:10 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH UTARA, KOMPAS.TV - Inilah Dusun Alue Mbang, Desa Sido Mulyo, kabupaten Aceh Utara. Jauh dari pusat kota, membuat desa ini tak memiliki fasilitas kesehatan. Bila warga desa ingin berobat harus melewati hutan dan perkebunan, tak kurang dari tiga jam agar bisa mengapai pengobatan.

Walau ada fasilitas kesehatan terdekat di Puskesmas kecamatan, akan tetapi harus menempuh jarak 25 kilometer dengan kondisi jalan yang belum memadai. Warga di desa terpencil ini pada umumnya berprofesi sebagai petani yang sehari-hari bergantung hidup dari hasil perkebunan.

Kini, kondisi mereka berubah, warga bisa berobat ke Puskesmas pembantu atau Pustu Sido Mulyo. Sedikitnya, 300 kepala keluarga dusun Alue Mbang lebih mudah menjangkau dengan fasilitas kesehatan ini.

Meski masih jauh dari kata lengkap, Pustu ini menjadi harapan warga, untuk bisa menikmati pelayanan jkn lebih dekat. Kini, sedikitnya ada empat fasilitas kesehatan yang telah dibangun, yaitu dua unit Pustu dan dua Polindes.

Sementara Pustu Sido Mulyo merupakan fasilitas kesehatan yang baru diresmikan pemerintah Aceh Utara, pada maret lalu.

Data Dinas Kesehatan Aceh Utara, ada 579 fasilitas kesehatan yang tersebar di 27 kecamatan. Diantaranya 32 Puskesmas, 87 unit Pustu dan 460 Polindes.

Pemerintah Kabupaten Aceh Utara terus berbenah dalam menjamin kesehatan masyarakat dan meningkatkan pelayanan di daerah terpencil.

Program pemerataan fasilitas kesehatan hingga daerah pelosok pemerintah Aceh Utara pun berhasil meraih status universal health coverage award, pada Maret lalu. Peserta JKN-KIS pun kini sudah mencapai hingga 106 persen di kabupaten Aceh Utara.

Seperti di desa Sido Mulyo, 85 persen dari 6000 jiwa telah mendapat perlindungan kesehatan melalui program JKN-KIS ini dan 673 jiwa diantaranya merupakan warga dusun Alue Mbang.

Dengan pemerataan fasilitas kesehatan yang terus diprioritaskan Pemerintah Aceh Utara, ini menjadi bukti hadirnya negara untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat melalui layanan BPJS Kesehatan yang kini mulai lebih mudah, cepat dan setara.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x