Kompas TV regional sumatra

PLTU Nagan Raya Lakukan Co-Firing Biomassa Pengganti Batu Bara

Kompas.tv - 25 Agustus 2023, 12:41 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

NAGAN RAYA, KOMPAS.TV - Teknologi Co-firing biomassa merupakan metode pemanfaatan biomassa sebagai substitusi parsial batubara yang dijadikan sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Teknik ini diklaim dapat menekan emisi karbon dan mengurangi ketergantungan batubara sebagai bahan bakar pembangkit listrik, serta merupakan langkah realistis untuk menjalankan implementasi Green Energy.

PLTU Nagan Raya 1-2, telah melakukan uji coba metode ini dengan memanfaatkan sekam padi dan serbuk gergaji atau sawdust sebagai sumber biomassa dengan komposisi masing masing 5 dan 10 persen biomassa. Menurut manager unit pelaksana pembangkitan Nagan Raya, Zulfan Idris Kaban, secara kualitas bahan bakar kalori yang di miliki sekam padi dan serbuk gergaji ini mencapai 3.500 Kcal/Kg. Dari hasil uji coba diketahui pembakaran berjalan baik dan tidak ada perubahan parameter operasional yang signifikan antara biomassa dengan batu bara.

PLTU Nagan Raya dengan kapasitas 2x110 Mega Watt ini, telah mengkonversi sebagian batu bara dengan biomassa sejak tahun 2022 lalu. Awalnya menggunakan biomassa cangkang sawit. Namun kini, beralih menggunakan sekam padi dan serbuk gergaji sebagai bahan baku Co-firing. Keberhasilan Co-firing biomassa ini diharapkan mampu menekan emisi karbon, dan meningkatkan jumlah energi baru terbarukan sebagai pengganti batu bara. Apalagi bahan baku biomassa, sekam padi dan serbuk gergaji ini berasal dari perkebunan dan pertanian warga kabupaten Nagan Raya, dengan harapan memberikan dampak pertumbuhan perekonomian masyarakat.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.