Kompas TV regional papua maluku

Kementerian kominfo Sosialisasi Pemilu 2024 di Kampus Unpatti Ambon

Kompas.tv - 25 Agustus 2023, 12:05 WIB
Penulis : KompasTV Ambon

AMBON,KOMPAS.TV-Forum Sosialisasi Pemilu Tahun 2024 Goes To Campus resmi digelar di Kota Ambon, Kamis (24/8/2023) kampus Universitas Pattimura  menjadi sasaran dilakukan sosialisasi, karena berdasarkan data KPU pemilih terbanyak merupakan, generasi milenial dan generasi z yang usianya setara mahasiswa.

Kegiatan ini dihadiri ratusan mahasiswa, anggota Komisioner Kpu Maluku, akademisi dan influencer dengan mengusung tema Bucin  "Bersama Ikut Pemilu Untuk Cinta Indonesia".

dirjen kominfo  usman kansong yang hadir secara daring menekankan, kegiatan ini dilakukan di kampus  untuk mengedukasi dan mengajak generasi milenial dan generasi z  menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum yang akan berlangsung 14 februari 2024 mendatang.  lantaran sesuai data KPU tahun 2019,Provinsi maluku juga masuk dalam indeks kerawanan pemilu dengan partisipasi pemilu yang rendah.

kegiatan ini juga ,sekaligus mengkampanyekan sosialisasi “hajar serangan fajar” atau politik uang yang mana, politik uang saat ini tidak lagi secara tunai tapi bisa melalui uang digital.

“Berdasarkan generasi dan umur, pemilih pada tahun 2024 nanti, didominasi oleh pemilih muda yang berusia 17-40 tahun yang berasal dari generasi milenial dan generasi z. sebanyak 52% dari total pemilih di Indonesia,” ungkap usman.

Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan alumni unpatti jusuf madubun mengatakan,pihak kampus sangat menyambut baik kegiatan seperti ini, mengingat bangsa Indonesia adalah Negara demokratis dan pemilihan umum merupakan salah satu instrumen demokrasi yang bertujuan menghasilkan pemerintahan yang bertugas mengatur,memimpin dan mengayomi bangsa  lima tahun kedepan.

“dikampus ini, banyak sekali mahasiswa dan tentu mereka adalah para pemilih pemula yang sebaiknya kita dari awal, memberikan pengetahuan kepada mereka tentang pemilu itu, dan mereka bisa tahu hak dan kewajiban mereka dalam penyelenggaraan pemilu. “ tegas madubun.

Dengan kegiatan ini diharapkan bisa mendorong  partisipasi pemilu 2024 di provinsi maluku makin meningkat dibandingkan tahun 2019.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x