Kompas TV regional jawa tengah dan diy

TNI-Polri Kembali Hijaukan Kawasan Waduk Jatibarang

Kompas.tv - 24 Agustus 2023, 11:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk mencegah sedimentasi serta untuk menjaga kondisi air Waduk Jatibarang Semarang agar tetap bersih, jajaran Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro dan pemda melakukan aksi penanaman pohon.

Ribuan pohon jenis mahoni, trembesi, ketapang, anggur laut, jambu air dan rambutan Rabu (23/8/2023) pagi, secara serentak ditanam dikawasan sabuk hijau Waduk Jatibarang. Reboisasi dengan menanam bibit tanaman keras yang dilakukan jajaran TNI-Polri dan pemerintah daerah dengan melibatkan masyarakat ini, sebagai upaya untuk mengembalikan sabuk hijau kawasan Waduk Jatibarang.

"Ini adalah waduk dalam rangka untuk air bersih di wilayah Semarang dan sekitarnya, satu. Yang kedua waduk ini diciptakan untuk mengatasi banjir kanal barat, jadi tepat sekali kalo hari ini kita melakukan penghijauan di wailayah kita," kata Irjen Pol. Ahmad Lutfi, Kapolda Jateng.

Setelah dilakukan penanaman masyarakat setempat diminta untuk ikut merawat ribuan pohon tersebut agar bisa terjaga kelestarian Waduk Jatibarang. Selain itu, ribuan tanaman keras ini juga bisa menjaga kondisi waduk agar tidak terjadi pendangkalan.

#tni #polri #penghijauan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x