Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Ombudsman RI Beri Pembekalan Mahasiswa Fakultas Hukum Unnes

Kompas.tv - 23 Agustus 2023, 11:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ratusan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengikuti kegiatan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru pada Senin (21/8/2023). Kegiatan tahunan untuk menyambut mahasiswa baru ini juga dihadiri Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih.

Kehadiran Ombudsman RI dalam kegiatan ini karena fakultas hukum berkaitan dengan advokasi dan pelayanan administrasi public. Sehingga mahasiswa baru perlu dibekali pemahaman terkait fungsi Ombudsman sebagai lembaga Negara.

“Fakultas hukum ini kan lekat ya, atau dekat dengan kaitan-kaitan advokasi, pelayanan-pelayanan terus pemantauan-pemantauan. Ombudsman ini lembaga Negara yang memantau pelayanan atau administrasi publik, jadi fakultas hukum ini sangat lekat,” kata Ali Masyhar, Dekan Fakultas Hukum Unnes.

“Mahasiswa harus tahu dan kemudian dibekali adanya pemantauan-pemantauan, informasi, fungsi-fungsi terkait dengan Ombudsman sebagai salah satu lembaganya,” tambahnya.

Selain Itu, sebagai sosialisasi terhadap mahasiswa baru terkait prinsip penyelenggaraan pemerintah yang baik dan konsep pelayanan publik.

“Penting bagi mahasiswa, bahwa sebagai warga negara memiliki tugas untuk mengetahui dan memahami prinsip-prinsip konstitusi. Berkaitan denga hak-hak publik, hak-hak sebagai warga negara dan juga hak untuk terlibat dalam penyelenggaraan negara,” jelas Mokhammad Najih.

Diharapkan mahasiswa Fakultas Hukum Unnes tidak hanya bisa menyampaikan pandangan terkait hukum namun juga mampu menjalankan fungsi konstitusi pemerintahan.

#ombudsmanri #unnes #fakultashukum

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x