Kompas TV regional jawa barat

Mengenal Sosok Teddy Kardin Dalam Sebuah Tulisan

Kompas.tv - 22 Agustus 2023, 16:58 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

 

BANDUNG. KOMPAS. TV - Biografi teddy kardin tokoh bayangan yang tak banyak diketahui masyarakat dari keberhasilan operasi operasi militer Indonesia, pada tahun 90an dituangkan dalam sebuah buku berjudul the shadow knight atau sang ksatria bayangan. Dalam biografi ini sejumlah kisah inspiratif patriotik kesetiakawanan serta keberhasilan teddy kardin dalam operasi penyelamatan.

Siap yang tak kenal teddy kardin?, seorang geolog profesional  yang seklaigus sebagai empu pisau militer dari indonesia ini diakui dipasar global  bahkan militer Amerika Serikat.

Teddy memulai karirnya sebagai geolog profesional sebagaimana ada andil besar dalam keberhasilan misi operasi operasi militer Indonesia, di tangan sosok yang memilih untuk menjadi bayangan dalam kisah sejarah keberhasilan.

Selain menyoal alam dan geologi pengalamannya yang disertai bertambahnya kemampuan navigasi serta bertahan di alam bebas sampai ke telinga militer Ia pun diminta untuk membantu melatih tentara agar dapat beradaptasi dengan alam.

Teddy juga  bersukarela melibatkan diri dalam misi kemanusiaan untuk menyelamatkan tim peneliti lorentz 95 yang disandera oleh OPM  pada tahun 1996 .

Sejumlah imbalan pun berusaha diberikan petinggi militer saat itu prabowo subianto namun teddy menolak karena baginya ini adalah misi kemanusiaan.

Sama sekali bukanlah hal yang mudah untuk merayu teddy kardin agar bersedia mempublish kisah-kisah hidupnya untuk kisahnya bisa sampai dalam segenggam buku, tak kurang dari sepuluh tahun sang sahabat Rasjid, tak jemu meminta kesediaan teman baiknya untuk bersedia membagi kisah hidupnya.

Kisah ini dituangkan bak sebuah buku berjudul the shadow knight  menceritakan  tentang keberanian kesetia kawanan cinta tanah air dan nilai tanpa pamrih kisah ini diharapkan dapat sampai pada anak-anak muda Indonesia, untuk memiliki sosok yang dapat dijadikan contoh bagi karakter-karakter luar biasa.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG : https:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat

Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar

Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat

TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar

 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x