Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Dorong UMKM Dapat Bersaing Secara Global

Kompas.tv - 22 Agustus 2023, 11:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sejumlah 12 UMKM dan 3 industri lokal dari berbagai daerah di Indonesia dipamerkan pada pembukaan ASEAN Economic Ministers Meeting (AEM) ke 55 di salah satu hotel di Kota Semarang, Jawa Tengah. Bertepatan dengan itu juga, dilaksanakan peluncuran fisik ASEAN Online Sale Day (AOSD) 2023 atau hari belanja daring di ASEAN tahun 2023, yang diikuti oleh 19 UMKM dan industri dari berbagai wilayah di Indonesia dan Filipina.

ASEAN Online Sale Day (AOSD) ini merupakan platform loka pasar digital yang mempertemukan produsen UMKM dan para konsumen di negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Menyadari dimana saat ini era perdagangan telah beralih ke arah digital, dan perdagangan digital ini terbukti dapat memulihkan perekonomian terutama setelah masa pandemi Covid-19.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, menyebut AOSD 2023 ini dapat mendorong UMKM lokal untuk bisa memasarkan dan memperkenalkan produk unggulan dalam negeri kepada negara-negara di ASEAN.

“Hari belanja online ya, Online Sale Day ASEAN. Artinya ini memang digital e-commerce sudah menjadi bagian dari perdagangan modern sekarang,” jelas Zulkifli.

Semenjak memiliki perjanjian perdagangan bebas antara sebagian negara ASEAN, saat ini hubungan perdagangan Indonesia dengan Malaysia dan Filipina semakin melonjak. Selanjutnya Indonesia akan meningkatkan kerja sama perdagangan dengan Vietnam dan Thailand secara maksimal.

Diharapkan dengan adanya persaingan bebas perdagangan antar negara ASEAN ini, produsen dalam negeri  utamanya UMKM dapat meningkatkan kualitas dan keunggulan produk mereka.

#mendag #zulkiflihasan #asean

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x