Kompas TV regional sulawesi

Diikuti 1.000 Pelari, Bank Jateng Friendship Digelar di Makassar

Kompas.tv - 20 Agustus 2023, 14:58 WIB
diikuti-1-000-pelari-bank-jateng-friendship-digelar-di-makassar
Bank Jateng Friendship Run Makassar diikuti sekitar 1.000 pelari di Monumen Mandala, Minggu (20/8/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Makassar, Sulawesi Selatan menjadi kota ketujuh sekaligus kota kedua di luar Pulau Jawa yang masuk dalam rangkaian Bank Jateng Friendship Run.

Acara ini digelar di Monumen Mandala sebagai titik start dan finish dalam Bank Jateng Friendship Run yang melibatkan 1.000 pelari di Makassar, Minggu (20/8/2023).

Wali Kota Makassar Danny Pomanto dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel Andi Arwin Azis turut hadir pada flag off Bank Jateng Friendship Run Makassar.

Baca Juga: Ada 6 Pengalihan Arus Lalu Lintas Jakarta Hari Ini karena Acara Jakarta Half Marathon

Kegiatan ini menjadi “pemanasan” dari Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng yang akan digelar pada 19 November 2023 mendatang.

Adapun, rute yang harus ditempuh para pelari dari Monumen Mandala menyusuri Jl Jenderal Sudirman, masuk ke Jalan H Bau, lalu berbelok ke Jalan Somba Opu, terus ke Jl Penghibur, sebelum masuk kembali ke Jl Jenderal Sudirman dan finish di Monumen Mandala. 

Kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan kreativitas pelari dalam Best Costume serta interactive installation oleh seniman lokal. Disediakan juga kuliner lokal yang siap dicicipi.

Sebelumnya, pada Sabtu (19/8/2023), acara The Tour digelar secara mandiri oleh perwakilan komunitas masing-masing kota untuk menghidupkan ekosistem lari di Indonesia.

Kegiatan The Tour sekaligus mengajak komunitas lari untuk mempersiapkan diri dalam menyambut Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng. 

Pada hari yang sama, juga dilakukan Race Pack Collection, di mana peserta mendapatkan collectible jersey yang dibuat berkolaborasi dengan seniman lokal.

Baca Juga: Harga Tiket dan Pembatasan Pengunjung Candi Borobudur Terbaru: Cara Beli dan Jam Buka

Selain Makassar, Bank Jateng Friendship Run juga hadir di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar. Nantinya, acara ini juga akan digelar di Banjarmasin, Medan, dan Palembang.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengatakan bahwa acara ini digelar untuk mempromosikan Magelang dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Bank Jateng dengan 10 ribu pelari membawa dampak perekonomian lebih besar pascapandemi. Program Bank Jateng Pawone akan mengajak pelaku UMKM untuk mengoptimalisasikan produk serta mengedukasi pelaku UMKM untuk melakukan literasi keuangan sehingga pengembangan potensi ekonomi dapat terjadi dan berjalan secara optimal,” kata Supriyatno.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x