Kompas TV regional sulawesi

Mahasiswa Dan Dosen FPIK Unsrat Kibarkan Bendera Merah Putih Dari Dasar Laut

Kompas.tv - 19 Agustus 2023, 20:15 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Sebuah suguhan berbeda dihadirkan mahasiswa dan dosen dari Universitas Sam Ratulangi Manado dalam upacara bendera yang digelar di kawasan Mega Mas Manado  Kamis siang. dalam upacara ini, pengibaran bendera dimulai dari dasar laut dan berlanjut di atas permukaan laut.

Peringatan hari ulang tahun ke-78 Republik Indonesia selalu ditandai dengan upacara bendera oleh instansi pemerintah, masyarakat maupun swasta setiap tanggal 17 Agustus.

Di Manado Sulawesi Utara, dengan melibatkan komunitas pecinta laut, himpunan mahasiswa ilmu kelautan bersama dosen dari fakultas perikanan dan ilmu kelautan unsrat menggelar upacara bendera dengan cara unik dan berbeda.

Dimana rangkaian upacara bendera digelar di daratan  tepatnya di pesisir pantai Manado dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih di tiang bendera yang tertancap di dasar laut.

Total ketinggian tiang bendera adalah 18 meter, terbagi atas 8 meter di bawah laut dan 10 meter di permukaan laut.

Rangkaian pengibaran bendera merah putih dimulai dari tiga orang penggerek bendera dari daratan yang menyerahkan bendera kepada tiga orang penyelam untuk dibawa ke dasar laut dan dilanjutkan dengan pengibaran yang dimulai di bawah laut.

Sebanyak 131 penyelam berpartisipasi dalam pengibaran bendera merah putih di bawah laut. Selain pengibaran bendera, ratusan penyelam yang mayoritas adalah mahasiswa ini turut membentangkan bendera merah putih di dasar laut.

Sementara itu, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Roike Montolalu mengatakan, peringatan upacara bendera di bawah laut sekaligus melatih keterampilan para mahasiswa dalam menyelam untuk mempelajari keanekaragaman hayati di dalam laut. Dimana hal ini selaras dengan kejuruan yang ditempuh para mahasiswa.

Gelaran upacara bendera di bawah laut ini merupakan agenda rutin tahunan himpunan mahasiswa ilmu kelautan Universitas Sam Ratulangi  yang juga turut melibatkan komponen lainnya yakni komunitas pecinta laut di Manado dan sekitarnya.

#kompastvmanado #hutri78 #unsrat

Yannemieke Singal Kompas tv Manado

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x