Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Undang Anak-Anak Kumpul di Rumah, Mbah Sur Ajarkan Cinta NKRI

Kompas.tv - 18 Agustus 2023, 15:46 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Seorang nenek di Kabupaten Pekalongan sudah 35 tahun setiap bulan kemerdekaan RI selalu mengundang ratusan anak-anak ke rumahnya. Nenek Mutmainah yang dikenal dengan Mbah Sur ini mengajarkan anak-anak pentingnya cinta NKRI dan Tanah Air.

Sosok Mbah Sur, wanita berumur 63 tahun ini adalah warga Dukuh Luwuk, Desa Pekiringan Alit, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah ini setiap bulan Agustus memiliki tradisi tersendiri. 

Anak-anak yang datang menyanyikan lagu Indonesia Raya serta lagu-lagu perjuangan seperti Garuda Pancasila, Halo-Halo Bandung dan lainnya. Mbah Sur juga bercerita tentang perjuangan melawan penjajah Belanda dan Jepang sampai Indonesia merdeka.

Anak-anak diajarkan agar cinta Tanah Air, cinta Pancasila agar kelak bisa melanjutkan perjuangan Bung Karno dan para pahlawan. Setelah bercerita kepada anak-anak, Mbah Sur kemudian memberikan uang saku dan makanan. 

Mbah Sur menyebut sudah melakukan tradisi ajarkan nilai nilai Pancasila sejak tahun 1988 atau sudah 35 tahun. Harapannya agar nantinya anak - anak dapat cinta negara dan bangsa Tanah Air Indonesia.

"Memang Mbah Sur ini cinta Pancasila, cinta Pak Karno, cinta merah putih, Indonesia jangan dirusak, meneruskan bangsa agar adil dan makmur, " ucap Mbah Sur.  

Anak-anak yang sejak 35 tahun lalu tiap bulannya selalu ke rumah dan menjadi dewasa juga datang di akhir acara. Kebanyakan mereka berterima kasih kepada Mbah Sur yang sudah memberikan ajaran pendidikan Pancasila dan cinta Tanah Air sejak dini.

#mbahsur #pancasila #cintatanahair 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x