Kompas TV regional berita daerah

Pangdam III Siliwangi Tanam Ratusan Pohon Antisipasi Longsor

Kompas.tv - 16 Agustus 2023, 15:24 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

SUBANG, KOMPAS.TV - Pangdam III Siliwangi memimpin langsung penanaman 400 pohon bambu, di sejumlah titik di perbukitan Ciater Subang selasa lalu.

Hal ini dilakukan TNI AD untuk mengantisipasi bencana longsor yang kerap terjadi di musim penghujan. Penanaman dilakukan di lokasi Subang Selatan karena di kawasan ini, sudah banyak terjadi alih fungsi. Selain itu banyaknya pembangunan villa dan fasilitas lain, membuat wilayah Ciater yang memiliki kontur tanah miring dan berbukti, rawan terhadap longsor.

Selain menangkal bencana longsor, pohon bambu juga dinilai membantu untuk keberlangsungan hidup manusia, dengan menjaga ketersediaan cadangan air dan memiliki nilai ekonomi. Atas dasar inilah, Kodam III Siliwangi bersama instansi terkait, terdorong untuk melakukan gerakan menanam pohon bambu.

Penanaman pohon di lokasi ketinggian, merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI AD terhadap kualitas hidup yang lebih baik untuk generasi warga Kabupaten Subang mendatang, juga merupakan kontribusi menghadapi permasalahan perubahan iklim global saat ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x